10 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Puasa, Ketahui Beberapa Manfaatnya!

JABAR EKSPRES – Saat menjalankan ibadah puasa, penting untuk memperhatikan asupan tubuh, seperti memilih jenis buah yang baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Konsumsi berbagai jenis buah-buahan saat sahur dan berbuka puasa dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, selain itu konsumsi buah juga dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi

Berikut ini terdapat beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa, beserta manfaat kesehatannya:

  • Kurma

Kaya akan serat, vitamin, dan mineral, buah kurma juga mengandung gula alami yang dapat memberikan energi instan saat berbuka puasa. Selain itu, kurma juga bermanfaat dalam membantu memperbaiki kadar gula darah yang rendah setelah berpuasa.

  • Buah Semangka

Semangka mengandung banyak air sehingga konsumsi jenis buah ini dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berpuasa seharian. Buah ini juga rendah kalori dan kaya akan vitamin C, A, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.  

BACA JUGA: Dapat Menjaga Kesegaran Buah, Ketahui Cara Menyimpannya!

  • Pisang

Pisang mengandung kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, pisang juga kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang bermanfaat dalam memberikan energi tahan lama saat sahur.

  • Jeruk

Mengandung banyak vitamin C, konsumsi jenis buah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit. Konsumsi jeruk juga dapat membantu mengatasi rasa haus setelah berpuasa.

  • Apel

Apel mengandung serat yang tinggi, sehingga mengonsumsi jenis buah ini dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga perut kenyang lebih lama. Buah ini juga mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan penurunan berat badan. 

  • Anggur

Anggur mengandung banyak air dan gula alami yang memberikan energi cepat saat berbuka puasa. Buah ini juga kaya akan antioksidan seperti resveratrol yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

BACA JUGA: Resep Minuman Detox Pisang yang Baik Dikonsumsi Bagi Tubuh!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan