Sambut Ramadan, GMBI Distrik Kota Bandung Lanksanakan Khitanan Massal

BANDUNG – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 hijriah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota Bandung melaksanakan khitanan massal di Kantor Sekretariat GMBI Distrik Kota Bandung, Jalan Peta, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jumat 8 Maret 2024.

Ketua GMBI Distrik Kota Bandung Moch Mashur mengatakan, pihaknya sengaja melaksanakan khitanan massal dalam rangka melaksanakan transformasi era perubahan yang lebih nyata demi terwujudnya ukhuwah Islamiah.

“Kebiasaan kami melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial di antaranya khitanan massal saat ini. Karena khitanan ini bukan hanya masalah kesehatan tapi juga ciri khas sebagai umat Islam,” ujar Mashur di sela-sela prosesi khitanan massal.

Manurut Mashur, khitanan tersebut peting dilaksanakan bagi setiap umat Islam. Sementara peserta sunatan massal berjumlah puluhan orang.

“Memang tidak sedikit orang yang tidak dikhitan juga sehat, tapi Muslim mana yang tidak dikhitan? Karena aturan dalam Islam, tidak akan disebut Islam sebagai Muslim apabila belum dikhitan,” jelasnya.

“Jadi, kami melaksanakan dan mewujudkan apa yang disebut khuwiah Islamiah, yang menunjukkan kepedulian antar sesama. Itulah bagian dari bukti nyata bahwa kita sebagai Muslim,” imbuh Mashur.

Selain menyambut Ramadan, khitanan massal kata Mashur juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 GMBI yang jatuh pada 28 Maret 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan dengan kegitan ini bisa saling membubarkan kesalahan, saling membubarkan rasa sakit hati atas bahasa atau perilaku kepada siapapun dari keluarga besar GMBI. Ayo kita jaga kebersamaan ini, tingkatkan kepedulian antar sesama dan bangun kekeluargaan yang lebih rukun dan harmonis,” pungkasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan