Operasi Keselamatan Lodaya, Satlantas Polresta Bogor Kota Masifkan Pembagian Sabuk Keselamatan Pengendara Motor

JABAR EKSPRES – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota kembali membagikan sabuk keselamatan bagi pengendara motor dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Lodaya 2024.

Sabuk keselamatan dibagikan disejumlah persimpangan jalan protokol menyasar para pengendara motor yang membawa anak-anak.

Kepala Satlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menuturkan, program tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan cedera anak saat bepergian dengan kendaraan bermotor.

Menurutnya, dengan menggunakan sabuk keselamatan yang sesuai standar diharapkan dapat meningkatkan perlindungan bagi anak-anak selama dalam perjalanan di jalan raya.

“Jadi ini sangat cukup efektif untuk membantu anak-anak, paling tidak pengendara itu lebih fokus berkendara. Perlu kita ketahui bahwa konsentrasi pengendara atau konsentrasi pengemudi itu tergantung daripada rasa nyamannya,” katanya kepada Jabar Ekspres dikutip Jumat, 8 Maret 2024.

BACA JUGA: Curi Motor Sesama Buruh, Wanita 21 Tahun Diciduk Polisi

Pembagian sabuk keselamatan itu, sambung Galih, akan dilakukan melalui berbagai saluran distribusi, termasuk sekolah-sekolah, pusat kesehatan, dan kantor pemerintahan setempat.

Galih juga mengaku, pihaknya akan memasifkan kampanye penyuluhan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penggunaan sabuk keselamatan bagi anak-anak.

“Setiap harinya kita bagikan sekitar 15 beberapa titik, kita laksanakan di Kota Bogor dengan membagikan kepada pengendara yang melintas khususnya yang berboncengan dengan anak-anak,” jelas dia.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk aktif mengambil bagian dalam program ini, dengan memastikan bahwa anak-anak mereka menggunakan sabuk keselamatan setiap kali mereka bepergian dengan kendaraan bermotor.

“Ada beberapa catatan juga waktu-waktu menuju bulan puasa Ramadan ketika kepadatan masyarakat juga meningkat namun demikian masyarakat diimbau tetap menjaga keamanan berkendara juga ketertiban berkendara surat-suratnya,” papar Galih. (YUD)

BACA JUGA: Raih Suara Terbanyak di Dapil 3 Kabupaten Bogor, Ini Program Nurunnisa Setiawan!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan