Pemkot Bandung Bakal Bangun Jalur Mitigasi Bencana Sesar Lembang

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Jalur mitigasi bencana Sesar Lembang dalam waktu dekat bakal dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Saat ini, Pemkot Bandung masih terus berkoordinasi dengan kewilayahan guna pemetaan wilayah jalur evakuasi.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana mengungkapkan, hal tersebut segera dilakukan untuk membahas antisipasi apabila Sesar Lembang terjadi.

“Mitigasi juga kan kami senantiasi melakukan sosialisasi situasi kebencanaan. Baik ke kewilayahan ataupun ke masyarakat. Dan tadi juga kami ada mitra,” ungkap Gun Gun kepada wartawan, Kamis (7/3).

“Ini yang kami (harapkan) sampai kepada masyarakat. Meskipun memang dirasa belum masif dan belum sampai ke semua. tapi kan mudah-mudahan bisa sampai dan ramai juga,” sambungnya.

BACA JUGA: Benang Merah Sesar Lembang dan Legenda Sangkuriang

Sementara itu, dirinya menambahkan, pihaknya berencana segera membuat jalur evakuasi tersebut bersama dengan instansi kewilayahan. Lantaran kewilayahan memiliki informasi lebih terkait pemetaan lokasi.

“Karena khawatir kalau kita yang menentukan, nanti malah bentrok (pemetaan wilayah) dan tidak tersepakati. Jadi jelas kami membutuhkan perangkat kewilayahan untuk menyepakati jalur evakuasi,” tegas Gun Gun.

Adapun hingga saat ini, menurutnya, belum ada laporan terbaru terkait bencana Patahan Lembang. Namun, dia mengakui bahwa rencana untuk mendatangkan ahli belum juga terealisasi. Pasalnya masih berfokus terhadap potensi Gempa Sumedang.

.”Tidak ada, cuman kami berencana melaksanakan FDG sesuai perintah pimpinan. Untuk Nanti kami mendatangkan ahli,” pungkasnya.

BACA JUGA: Mengenal Sesar Lembang: Patahan Berbahaya yang Menjadi Surga Wisata

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan