Simak Manfaat Luar Biasa Puasa untuk Tubuh Manusia

JABAR EKSPRES – Puasa tidak hanya memiliki dimensi spiritual, tetapi juga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh secara fisik. Organ-organ pencernaan seperti lambung, usus, pankreas, empedu, dan liver mendapat istirahat selama periode puasa. Selama ini, aktivitas organ-organ tersebut telah disesuaikan dengan metabolisme tubuh selama berpuasa.

baca artikel lainnya : 7 Kegiatan Bulan Ramadan 2024 Penuh Berkah yang Wajib Dicoba

Liver, sebagai pusat pengaturan energi tubuh, berperan penting dalam mengontrol pelepasan gula atau energi cadangan. Produksi asam lambung dalam lambung turun, sementara cadangan empedu yang terkonsentrasi siap menunggu makanan saat waktu berbuka tiba.

Pankreas juga berperan aktif dalam proses puasa. Ketika seseorang berpuasa, insulin yang diproduksi oleh pankreas menurun, sehingga tubuh lebih banyak menggunakan cadangan gula. Selain itu, produksi enzim pencernaan juga berkurang, mengakibatkan usus kecil berkontraksi lebih jarang, sekitar empat jam sekali.

Tidak hanya itu, puasa juga membantu dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Dengan menahan diri dari makanan dan minuman selama periode tertentu, tubuh memiliki kesempatan untuk menyeimbangkan kandungan airnya, membantu ginjal dalam prosesnya.

baca artikel lainnya : Lafal Bacaan Doa Kamilin Usai Sholat Tarawih

Dengan berbagai manfaatnya, tidak heran jika berpuasa terbukti baik bagi kesehatan tubuh. Selamat menjalankan dan menikmati ibadah puasa dengan penuh kesadaran dan kesehatan!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan