Siapkan Siswa SMK Berdaya Saing Industri, Telkom Gelar Indibiz IoT Competition

Cirebon, 5 Maret 2024 – Sebagai upaya mendukung terciptanya lulusan SMA/SMK berdaya saing tinggi, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan Indibiz IoT Competition 2024. Kompetisi Internet of Things (IoT) yang diselenggarakan mulai tanggal 7 Februari hingga 5 Maret 2024 ini merupakan sinergi Telkom Regional III Wilayah Jawa Barat dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat sebagai salah satu komitmen dalam menciptakan talenta digital terbaik bangsa.

Kompetisi ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi tidak hanya dari SMA & SMK di Jawa Barat, namun juga di beberapa daerah lainnya, seperti Jepara, Bogor, Klaten, Purwokerto, Tegal dan Surakarta. Sejumlah 65 sekolah berpartisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan secara hybrid dengan 148 peserta yang terbagi di tiga kategori kompetisi, yaitu Cerdas Cermat IoT, Indibiz IoT Idea dan Indibiz IoT Showcase.

Executive Vice President Telkom Regional III Wilayah Jawa Barat, Saiful Hidajat menegaskan komitmen Telkom untuk membantu menciptakan siswa-siswi SMA & SMK yang kompetitif dan berdaya saing industri di bidang Internet of Things (IoT).

“Kami berupaya menyediakan berbagai solusi yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah di Jawa Barat agar dapat meningkatkan kualitas siswa, para tenaga pendidik dan meningkatkan value sekolah sesuai dengan visi Telkom dalam mengembangkan talenta digital unggulan,” jelasnya.

Sebanyak 13 tim yang menjadi grand finalis Indibiz IoT Competition bertanding kembali untuk menjadi pemenang, di antaranya adalah SMA & SMK asal kota Bandung, Bandung Barat hingga Cirebon Berbagai aspek yang menjadi penilaian bukan hanya orisinalitas ide dan produk tetapi juga bagaimana kebermanfaatannya bagi masyarakat.

Sementara itu, menurut Kepala Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dr. Firman Oktora S.Si, M.Pd, M.Kom, berharap kompetisi ini akan semakin menstimulasi kompetensi para siswa SMA & SMK untuk siap bersaing di industri di masa yang akan datang. Sesuai dengan semangat transformasi pendidikan yang diusung Disdik Jabar untuk membangun generasi unggul terdidik & terbaik

“Tahun ini Disdik Jabar meluncurkan transformasi pendidikan yang bertujuan untuk integrasi teknologi informasi pelayanan pendidikan, berkolaborasi dengan dunia usaha atau dunia industri jadi saya kira kompetisi ini selaras dengan apa yang sedang Disdik Jabar terapkan,” terangnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan