Disnaker Cimahi Gelar Konsolidasi dengan Serikat Buruh, SSBI: Kami Terus Bergerak!

JABAR EKSPRES –  Di bawah kepemimpinan Kepala Asep Ajat Jayadi, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi mengadakan pertemuan konsolidasi dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan Serikat Buruh Sejahtera Independen (SBSI) 92.

Sebanyak 113 ribu orang menyampaikan ucapan syukur atas kondisi yang membaik di wilayah Bandung Raya, termasuk Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Kota Bandung, dan Sumedang.

Menurut, Asep Djamaludin, Serikat Buruh Sejahtera Independen (SSBI) 92 mengatakan, memang Cimahi memang mengalami peningkatan yang signifikan dibanding daerah lain, namun jika dilihat dari segi kebutuhan hidup yang layak, masih terdapat kesenjangan yang besar.

“Artinya kalau berbicara puas atau tidak puas, kami sangat tidak puas. Kami akan terus bergerak dalam konteks tadi meningkatkan kesejahteraan,” ungkapnya pada awak media saat ditemui di Aula Kecamatan Cimahi Selatan, Senin 4 Maret 2023.

BACA JUGA: Diduga Ugal-ugalan, Pemuda di Kota Banjar Diamuk Massa

Asep menegaskan, pemerintah telah menunjukkan responsivitasnya terhadap kondisi buruh, sesuai dengan yang disampaikan oleh kepala dinas. Kini, tidak ada lagi pembatasan yang menghalangi pemerintah untuk mengamati langsung kondisi buruh.

“Tetapi upaya pemerintah di dalam kondusifitas ini dengan cara-cara yang elegan yang ini serikat diberikan konsolidasi ini pun kami apresiasi,” tegas Asep.

Menurut pernyataan dari Kepala Dinas, Asep menegaskan, pemerintah telah menunjukkan responsivitas terhadap kondisi ketenagakerjaan. Ia menyatakan, kini tidak ada lagi hambatan-hambatan yang menghalangi, menunjukkan bahwa pemerintah telah mulai memperhatikan langsung keadaan buruh.

“Perjuangan dari awal bulan Mei sampai November baru kita bisa realisasikan,” papar Asep.

Diharapkan Asep, kenaikan ini akan mendorong pemerintah untuk menjadi lebih responsif dan lebih memperhatikan kondisi para buruh.

“Karena kalau berbicara pengusaha sudah terlalu banyak yang diberikan untuk pengusaha seperti keringanan pajak, atau kebijakan yang memang memberikan keleluasaan kepada pengusaha,” harap Asep.

“Sekarang tinggal bagaimana pemerintah benar-benar berpihak pada kondisi buruh,” tambahnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kadisnaker Cimahi, Asep Ajat Jayadi berkata konsolidasi serikat pekerja atau buruh diadakan untuk kedua kalinya. Di kota Cimahi, terdapat enam serikat pekerja yang masing-masing mengadakan kegiatan konsolidasi dengan fasilitas yang disediakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan