Cetak Rekor Masa Tempuh Studi tercepat se-BKU, Wakil Rektor 1: Ini Hak Mahasiswa!

BANDUNG – Fakultas Ilmu sosial (FISOS) Bhakti Kencana University (BKU) baru Saja meluluskan mahasiwa dengan studi tercepat yaitu dengan masa studi 3 tahun 4 bulan 24 Hari se-BKU. Acara yudisium yang diselenggarakan pada hari Kamis, 28 Februari 2024 dan senin, 4 Maret 2024 untuk kedua program studi (prodi) di Fisos menjadi saksi bahwa percepatan masa perkuliahan bisa dilakukan oleh pihak kampus. Sejak awal penggabungan beberapa perguruan tinggi di bawah yayasan adhiguna kencana pada tahun 2019, Fisos lahir sebagai salah satu fakultas yang sudah berdiri diantara prodi yang berbasis kesehatan seperti Farmasi, Apoteker, Keperawatan, kebidanan dan kesehatan masyarakat. Fisos pun mewujud menjadi dua program studi yaitu psikologi dan Ilmu komunikasi. Kedua Prodi tersebut mempunyai ciri khas pada psikologi kesehatan dan komunikasi kesehatan.

Percepatan masa studi tentunya bukanlah menjadi kendala. Hal ini dikonfirmasi oleh Wakil Rektor 1 BKU, Yani Mulyani, “Ini adalah hak mahasiswa mendapatkan percepatan. Standar kelulusan adalah minimal IPK 2,75 dengan SKS minimal 144. Jika semua standar terpenuhi maka mahasiwa bisa lulus dengan waktu lebih cepat dengan program yang di desain prodi. Salah satunya adalah pemanfaatan semester antara, sehingga masa studi bisa lebih pendek lagi.” Ungkapnya.

Prodi harus bisa mengupayakan mahasiswa untuk lulus secara cepat dan tepat waktu akrena hal ini berdampak baik. Rektor BKU, Entris Sutrisno menyampaikan bahwa kelulusan cepat ini berdampak pada akreditasi kampus. Yani Muyani pun menambahkan “Tentunya akan memberikan efek psikologi kuat yaitu rasa percaya diri dengan soft skill meningkat karakter tangguh dan disiplin. Dampak baik untuk Universitas dan Prodi juga bisa menjadi branding yang kuat dalam pengelolaan sistem pembelajaran. Bahwa masuk ke BKU mendapatkan jaminan lulus tepat waktu dengan semua keunggulan prodi.”

Percepatan masa tempuh studi ini tidak bisa kepas dari peran penting prodi. Myrna Anissaniwaty, Ketua program studi (Kaprodi) psikologi BKU memberikan kepastian bahwa kurikulum didesain sesuai dengan profil lulusan yg ingin dicapai. “Adanya program MBKM dan lolosnya pendanaan hibah PKM memudahkan mahasiswa untuk melakukan konversi dan memangkas waktu tempuh studi. Selain itu, faktor utama penentu kelulusan yang cepat adalah konsistensi dan kegigihan para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademiknya, khususnya penyusunan tugas akhir.” Kata Myrna.

Tinggalkan Balasan