Dukung UMKM Naik Kelas, PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat Gelar Gadepreneur 2024: #UMKMNaikKelas Melalui Program Mentoring Intensif

JABAREKSPRES – PT Pegadaian kembali menggelar Program Gadepreneur di Tahun 2024, ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya Program Gadepreneur. Program Gadepreneur merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh PT Pegadaian guna membantu para pelaku UMKM untuk dapat naik kelas, baik dari sisi omset maupun aset.

 

Para pelaku UMKM yang terpilih memiliki latar belakang yang beragam, mulai kuliner, fashion, beauty, dan kriya dari 12 wilayah di seluruh Indonesia. Adapun terdapat 360 peserta yang ikut dalam Program Gadepreneur, yang berhasil lolos kurasi dari total 3.174 peserta lainnya. Program Gadepreneur 2024 tidak hanya berfokus pada pengembangan bisnis para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saja, tetapi juga mendukung prinsip sosial dalam kerangka Environmental, Social, and Governance (ESG) serta berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Pemimpin Wilayah PT Pegadaian X Jawa Barat, Maryono, dalam sambutannya saat kegiatan pembukaan Program Gadepreneur di PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat yang dilaksanakan di Hotel Grand Tjokro Bandung (04/03), menyampaikan bahwa UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia yang menyumbang sebagian besar produk domestik bruto (PDB) dan lapangan kerja.

 

Dengan memberdayakan UMKM melalui Gadepreneur, PT Pegadaian telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, karena seperti yang diketahui bahwa jumlah pelaku UMKM yang ada di seluruh Indonesia berjumlah lebih dari 70 Juta pelaku UMKM.

 

“Pegadaian selalu berupaya untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, salah satunya melalui Gadepreneur ini. Kurikulum mentoring Gadepreneur 2024 dirancang secara komprehensif, dengan tujuan untuk menguatkan fondasi bisnis peserta. Besar harapan kami agar UMKM di Indonesia dapat “Naik Kelas” dan memainkan peran yang lebih signifikan dalam perekonomian nasional. Jadi tidak main-main, kami fokus membina peserta dari A-Z,” ungkap Maryono.

 

Adapun tema “Modul Starting”, materi yang diajarkan pada Gadepreneur 2024 mulai dari Goal Setting, Riset Pasar & Produk, Mendesain Merek & Kemasan, Merancang Distribusi & Promosi, Selling & Konversi, Basic Negotiation, Digital Marketing Strategy, dan Accounting for Business Owners. Tidak main-main, kami fokus membina peserta dari A-Z,” ungkap Maryono.

Tinggalkan Balasan