Jaga Integritas Satpol PP dan Satlinmas Demi Naikkan Kepercayaan Publik

JABAR EKSPRES – Satpol PP dan Satlinmas diminta oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjaga sekaligus meningkatkan integritas dalam bekerja. Hal ini dikarenakan Satpol PP dan Satlinmas merupakan profesi yang mulia dalam memberikan perlindungan dan keamanan kepada masyakarat.

“Tolong rekan-rekan jaga betul integritas, memegang kode etik, dan kemudian disiplin dalam melaksanakan tugas, dan jangan lupa tetap dekat dengan rakyat,” ujar Mendagri saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Padang, Minggu 3 Maret 2024.

Dia menegaskan, bertahannya suatu instansi di negara demokrasi berada pada kekuasaan, kepercayaan, dan dukungan masyarakat. Apabila tidak lagi dipercaya publik, maka instansi  tidak akan bisa eksis. Oleh karena itu, peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas menjadi momentum untuk instropeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan.

BACA JUGA: Pemilu 2024 Sukses, Kinerja Satpol PP dan Satlinmas Dapat Apresiasi

“Karena kode etik merupakan salah satu ciri dari profesi. Suatu bidang yang tidak memiliki kode etik bukan profesi, tapi adalah skill atau keahlian biasa,” ungkapnya.

Mendagri menegaskan, beragam kriteria tersebut harus meningkatkan kepercayaan publik. Dengan begitu, keberadaan Satpol PP dan Satlinmas akan tetap eksis selama Indonesia berdiri karena masyarakat membutuhkannya.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga memberikan Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada sejumlah kepala daerah. Mereka di antaranya Gubernur Sumbar Mahyeldi, Penjabat (Pj) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hemengku Buwono X, Bupati Sintang Jarot Winarno, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo, Wali Kota Blitar Santoso, dan Wali Kota Metro Wahdi.

BACA JUGA: 3 Anggota KPPS Masuk RSJ Usai Pemilu 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan