Startup Robot Manusia Berhasil Kumpulkan $675 juta dari OpenAI, Microsoft, dan Nvidia

JABAR EKSPRES – Startup robotika Figure mengumpulkan $675 juta dalam putaran pendanaan pada hari Kamis dari investor termasuk Nvidia (NVDA.O), Microsoft (MSFT.O), dan Amazon.com (AMZN.O).
juta.

Figure yang berbasis di Sunnyvale, California juga mengumumkan perjanjian kolaborasi dengan OpenAI untuk mengembangkan kecerdasan buatan generatif untuk robot humanoidnya.

Pengenalan ChatGPT oleh OpenAI telah memicu minat terhadap AI, dan banyak perusahaan menginvestasikan jutaan dolar untuk memanfaatkan tren ini.

Perusahaan lain yang terlibat dalam pendanaan angka ini termasuk OpenAI Startup Fund, Amazon Industrial Innovation Fund, Parkway Venture Capital, Intel Capital, Align Ventures, dan ARK Invest.

Brett Adcock, pendiri dan CEO Figure, mengungkapkan perusahaannya akan menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan model bahasa skala besar untuk robotika, meningkatkan produksi, dan merekrut lebih banyak orang.

Baca juga: Di Inggris, Sebuah Robot AI Dijadikan Asisten Kepala Sekolah

Startup ini juga berencana pindah ke Microsoft Azure untuk infrastruktur dan pelatihan AI, kata Adcock.

Adcock mengatakan model AI yang dikembangkan Figure didasarkan pada model GPT terbaru OpenAI, yang dilatih secara khusus berdasarkan data perilaku robot yang dikumpulkan Figure, memungkinkan robot humanoid perusahaan untuk berbicara dengan manusia.

“Kami selalu berencana untuk kembali ke robotika dan kami melihat adanya jalan dengan Figure untuk mengeksplorasi apa yang dapat dicapai oleh robot humanoid ketika didukung oleh model multimoda yang berkemampuan tinggi,” ucap Peter Welinder, wakil presiden produk dan kemitraan di OpenAI.

Robot humanoid mendapatkan minat baru di kalangan investor karena perangkat lunak bertenaga AI menyediakan lebih banyak cara bagi robot untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan manusia.

Tesla  (TSLA.O) Kepala Eksekutif Elon Musk mengatakan pembuat mobil listrik tersebut akan ada 1 miliar robot humanoid di Bumi pada 2040-an, ketika produsen mobil listrik tersebut merilis Optimus Gen humanoid terbaru yang sedang dalam pengembangan.

Baca juga: 10 Artificial Intelligence Kreatif yang Paling Banyak Dicari

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan