Piala Wali Kota Cimahi 2024, 700 Peserta Bergelut dari 24 Sekolah

JABAR EKSPRES – Kejuaraan olahraga pelajar, juga dikenal sebagai Piala Wali Kota Cimahi tahun 2024, diselenggarakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Olahraga, Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2020 yang mengubah Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga, serta Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Kadisbudparpora Kota Cimahi, Achmad Nuryana, menjelaskan, tujuan diselenggarakannya kejuaraan ini adalah untuk menilai pencapaian dalam pembinaan prestasi olahraga bagi atlet pelajar di Kota Cimahi.

“Kejuaraan ini berfungsi sebagai ajang seleksi untuk membentuk tim pelajar,” ucapnya pada awak media saat ditemui di pembukaan Piala Wali Kota Cimahi di Stadion Sangkuriang Cimahi, Jumat (1/3).

BACA JUGA: Sempat Melarikan Diri, Pelaku Tabrak Lari Siswi di Soreang Berhasil Diamankan

Achmad menuturkan, diselenggarakan kegiatan tersebut untuk persiapan ajang Popda dan Popwilda dengan tujuan menyiapkan serta mendukung potensi atlet pelajar terbaik, yang diharapkan dapat mewakili kota Cimahi dan Jawa Barat di tingkat kompetisi yang lebih tinggi.

“Kita menyiapkan dan mencetak calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang akan menjadi atlet andalan kota Cimahi dan Jawa Barat,” terang Achmad.

Achmad melanjutkan, sebagai upaya untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar serta prestasi dalam bidang olahraga, Kota Cimahi akan menggelar serangkaian kegiatan dengan tema “Cimahi Bergerak”. Acara tersebut akan berlangsung mulai hari ini, Jumat, hingga Kamis, tanggal 1 hingga 7 Maret 2024.

“Bertempat di GOR Sangkuriang dan di stadion Sangkuriang b cabang olahraga yang dipertandingkan tujuan ini mempertahankan dua cabang olahraga yang terdiri dari bola basket kategori putra dan putri dan sepak bola kategori putra,” tutur Achmad.

BACA JUGA: Polresta Bandung Gelar Jumat Curhat di Desa Tanjungsari, Prioritaskan Keamanan dan Pelayanan

Sebanyak kurang lebih 700 peserta dari berbagai sekolah di Kota Cimahi mengikuti acara, terdiri dari 1 pelajar SMA dan SMK dari 11 sekolah serta 2 pelajar SMP dan MTS dari 13 sekolah.

“Penghargaan bagi tim yang menjadi juara 1, 2, dan 3 berhak mendapatkan Piala Wali Kota uang pembinaan dan piagam di pendanaan sumber dana berasal dari APBD,” pungkas Achmad. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan