Google Doodle Rayakan Tahun Kabisat, Apa Itu Leap Day 2024?

JABAR EKSPRES – Google Doodle memperingati Hari Kabisat 2024 dengan gambar seekor katak melompat di atas air yang diapit oleh batu bertuliskan angka 28 dan 1. Katak dipilih sebagai simbol hewan yang sering dikaitkan dengan Hari Kabisat.

Hari ini, tanggal 29 Februari, merupakan hari ekstra dalam kalender tahun ini, dan hanya terjadi setiap empat tahun sekali. Hari Kabisat adalah cara kita menyesuaikan kalender dengan rotasi bumi mengelilingi matahari. Jika tidak ada hari ekstra ini, maka kalender dan musim akan menjadi semakin tidak sinkron.

Konsep tahun kabisat sudah ada sejak zaman Romawi kuno, ketika Kaisar Julius Caesar memutuskan bahwa setiap tahun habis dibagi empat adalah tahun kabisat.

Namun, sistem ini masih memiliki ketidaksempurnaan, dan Paus Gregorius XIII mengadopsi kalender Gregorian pada tahun 1582. Kalender ini menambahkan aturan tambahan bahwa tahun habis dibagi 100 bukanlah tahun kabisat, kecuali jika habis dibagi 400. Hal ini membuat kalender Gregorian lebih akurat dan sesuai dengan siklus Matahari.

Hari Kabisat memiliki berbagai tradisi dan perayaan di berbagai negara. Salah satu tradisi yang terkenal berasal dari Irlandia, yaitu tradisi yang mengizinkan wanita melamar pria pada Hari Kabisat. Jika pria menolak lamaran tersebut, pria tersebut harus memberikan hadiah berupa cincin, uang, atau gaun kepada wanita tersebut.

Ada juga tradisi terkait keberuntungan di Hari Kabisat, seperti kepercayaan bahwa menikah pada tahun kabisat membawa sial di Yunani dan Italia, serta kepercayaan bahwa orang tua lebih rentan sakit pada Hari Kabisat di Taiwan.

Namun, ada juga orang yang menganggap Hari Kabisat sebagai hari yang istimewa dan berharga. Orang yang lahir pada Hari Kabisat, atau leapling, biasanya merayakan ulang tahun mereka pada tanggal 28 Februari atau 1 Maret di tahun normal, tetapi merasa lebih istimewa ketika mereka dapat merayakan ulang tahun pada tanggal yang sebenarnya.

Beberapa negara dan kota juga memiliki perayaan khusus untuk Hari Kabisat, seperti festival musik dan seni di Anthony, Texas, yang disebut menjadi ibu kota tahun kabisat di dunia, serta pesta kostum dan kembang api di Ullapool, Skotlandia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan