Survei Persepsi Kualitas Siaran, KPID Jabar: Program Religi Paling di Sukai

JABAREKSPRES – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menggelar Expose Hasil Penelitian “Survei Persepsi Kualitas Siaran Televisi, Radio dan OTT di Kota Bandung” bersama Asosiasi Televisi dan Radio di Jawa Barat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPID Jawa Barat, DR. Adiyana Slamet mengungkapkan, Survei ini dilakukan dengan melibatkan 400 responden di 30 kecamatan di Kota Bandung dengan metodelogi wawancara terstruktur tatap muka.

 

Dari survei tersebut di jelaskan DR. Adiyana ditemukan TV dan Radio yang masuk kedalam Top Of Mind pilihan masyarakat seperti, Indosiar, RCTI dan SCTV untuk Top Share Televisi SSJ. Divia TV, ANTV dan MQTV untuk Top Share Televisi Lokal, Cakra FM, Dahlia FM dan Rama FM untuk Top Share Radio.

 

Tidak hanya itu lebih lanjut dikatakan DR. Adiyana Slamet, program Religi, Kuis, News, Olahraga dan Komedi menjadi 5 program terfavorit masyarakat khususnya di Kota Bandung.

 

“Merujuk dari survei yang dilakukan pada Oktober hingga Desember 2023 di Kota Bandung menunjukan bahwa masyarakat menyukai program Religi (710 poin) , Kuis (700 poin) , News (700 poin) , Olahraga (600 poin) dan Komedi (600 poin),” ungkapnya, Dalam Ekspos Hasil Penelitian,Rabu (28/2/2024) di Bogor.

 

Besarnya minat masyarakat terhadap 5 Program terfavorit ini pun dijelaskan DR. Adiyana berbanding lurus dengan tingginya minat masyarakat dalam menyaksikan TV maupun mendengarkan Radio.

 

“Kita lihat dalam hasil survei ini pun, minat masyarakat untuk menonton TV dan mendengarkan radio masih cukup tinggi, dengan kisaran waktu 0 hingga 3 jam per harinya,” jelasnya.

 

Meski begitu Ketua KPID Jawa Barat, DR. Adiyana Slamet pun mengingatkan, agar lembaga penyiaran terus berkarya mengingat penggunaan Gadget terus meningkat di Kota Bandung.

 

“5 Program Favorit ini bisa menjadi rujukan untuk lembaga penyiaran untuk berinovasi, apalagi kalau kita melihat tren data penggunaan Gadget dengan TV terus meningkat terlebih saat ini adanya OTT pun senantiasa menjadi tantangan lain untuk lembaga penyiaran,” tandasnya.

 

Sementara itu, Apresiasi besar pun di berikan Asosiasi Televisi dan Radio untuk KPID, seperti di utarakan Ketua Pengurus Daerah PRSSNI Jawa Barat, Joesoef Siregar.

Tinggalkan Balasan