Jacob Rothschild Meninggal! Ini Rahasia dan Kontroversi Keluarga Rothschild

JABAR EKSPRES – Jacob Rothschild, seorang finansier kaya, pelindung seni, dan filantropis dengan hubungan erat dengan Israel, yang memutuskan hubungan dengan dinasti perbankan legendaris keluarganya di saat terjadi perubahan radikal dalam dunia keuangan tinggi, telah meninggal dunia pada usia 87 tahun. Pengumuman kematiannya disampaikan oleh Rothschild Foundation, sebuah amal Inggris di mana ia merupakan ketua. Tidak disebutkan kapan atau di mana ia meninggal atau penyebab kematiannya.

Sebagai keturunan langsung dari Mayer Amschel Rothschild, pedagang koin di ghetto Yahudi di Frankfurt yang mengirim empat dari lima putranya ke Vienna, London, Naples, dan Paris untuk mencari kekayaan pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, Jacob Rothschild mewarisi tradisi keluarga yang telah membangun kekayaan dan pengaruh signifikan di seluruh Eropa.

Kekayaan keluarga Rothschild, yang paling terkenal berasal dari pendanaan mereka terhadap militer Inggris selama Perang Napoleon, berkembang pesat melalui ikatan keluarga yang kuat dan kultivasi hubungan sosial di puncak masyarakat Eropa pada masa itu.

Jacob Rothschild bergabung dengan cabang London dari imperium keluarga di bank N.M. Rothschild & Sons pada tahun 1963, di tengah-tengah dunia keuangan tradisional dan konservatif London yang masih dua dekade lagi akan mengalami pergeseran menuju kapitalisme yang lebih bebas yang mencapai puncaknya dengan Big Bang 1986, deregulasi Bursa Saham London. Pada masa itu, bank-bank pedagang Inggris di Kota, seperti distrik keuangan London dikenal, tampak kerdil oleh kekuatan finansial Wall Street yang berkembang, membangun tekanan untuk pendekatan baru.

Rothschild lama mendukung penggabungan cabang London dari imperium keuangan keluarganya dengan bank pedagang lainnya, S.G. Warburg, tetapi rencana tersebut ditentang oleh sepupunya Evelyn de Rothschild dan ayahnya sendiri, Victor, seorang ilmuwan dan mantan anggota agen intelijen domestik Inggris MI5. Akibatnya, ia memutuskan untuk memisahkan diri, dengan visi untuk membuat banknya tidak hanya sebagai bank uang tetapi juga bank otak.

Dalam melakukannya, ia menantang budaya kontrol keluarga dan kerahasiaan yang telah membedakan transaksi keluarga sejak awal. Kebijakan keluarga yang melarang keturunan perempuan dan menantu laki-laki dari segala bagian dalam bisnis, serta tradisi pernikahan dalam keluarga untuk menjaga kekayaan dan pengaruh, adalah bagian dari strategi ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan