Samsung Galaxy Ring, Cincin Pintar dengan AI dan Integrasi Smart Home

JABAR EKSPRES – Samsung Galaxy Ring telah dirilis bersamaan dengan peluncuran ponsel Galaxy S24 di Mobile World Congress (MWC) di Barcelona. Samsung berencana menyoroti bagaimana cincin tersebut akan terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI).

Dalam pengumuman teaser pada hari Minggu, Samsung menyatakan bahwa Galaxy Ring akan menjadi bagian dari inisiatif Samsung Health yang lebih besar, di mana perusahaan akan menunjukkan bagaimana AI akan digunakan untuk menganalisis data kesehatan yang dikumpulkan oleh cincin tersebut atau oleh Samsung Galaxy Watch 6.

Rencana kesehatan Samsung meliputi integrasi data tersebut dengan platform rumah pintar SmartThings miliknya. Perusahaan menyebutkan bahwa ini bisa mencakup fitur seperti mengontrol lampu yang terhubung berdasarkan kebutuhan tidur Anda atau mengatur peringatan untuk pengambilan obat.

Baca juga: Keunggulan Samsung S24, Performa Tinggi dan Desain yang Ergonomis

Rencana kesehatan AI Samsung ini datang tepat saat Google’s Fitbit merencanakan program serupa bernama Fitbit Labs yang Google sebut juga akan menggunakan AI untuk memberikan wawasan berdasarkan data kesehatan dan kebugaran yang dikumpulkan oleh perangkat seperti Pixel Watch.

Samsung Galaxy Ring memasuki ruang yang sebelumnya didominasi oleh Oura Ring, namun juga akan menghadapi persaingan baru dari Evie Ring oleh Movano Health tahun ini. Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan pada hari Minggu bahwa Apple telah mengeksplorasi kemungkinan menciptakan aksesori kebugaran baru seperti cincinnya sendiri, tetapi perusahaan tersebut tidak dalam pengembangan aktif dari salah satunya.

Meskipun Samsung telah membangun smartwatch dan pelacak kebugaran selama beberapa tahun, perusahaan berharap Galaxy Ring akan menyediakan opsi wearable yang lebih halus. Hon Pak, wakil presiden dan kepala tim kesehatan digital di Samsung, mengatakan kepada rekan saya Lisa Eadicicco bahwa ini adalah salah satu bagian dari tujuan Samsung Health.

“Beberapa orang menginginkan bentuk yang lebih sederhana, dan [cincin] mewakili itu,” kata Pak dalam wawancara Januari.

Fitur kesehatan berbasis AI yang akan terintegrasi dengan Galaxy Ring ini juga muncul saat Samsung terus mengembangkan fitur Galaxy AI-nya, termasuk membawanya ke seri ponsel Galaxy S23 setelah debutnya pada Galaxy S24 Ultra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan