Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Pj Walikota Cimahi Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Lingkungan

JABAR EKSPRES, CIMAHI – PJ Walikota Cimahi, Dicky Saromi, mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024. Ajakan tersebut disampaikannya saat menghadiri acara peringatan di Ecowisata Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Cimahi Utara, pada Jumat, 23 Februari 2024.

Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, yang jatuh pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya, upaya untuk mengatasi permasalahan plastik secara produktif diangkat sebagai tema utama. Tujuannya adalah untuk mendorong langkah-langkah yang menjaga kelestarian alam dan menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan nyaman bagi semua.

“Satu respon yang kita lakukan tentang sampah dalam hal ini kepedulian kita tentang sampah, hal ini tidak pernah terlupakan karena erat kaitannya dengan apa yang terjadi tanggal 21 Februari 2005 yaitu 19 tahun yang lalu kita mengalami suatu bencana yang sangat luar biasa termasuk bencana besar dalam hal ini di TPA sampah yang terjadi di Leuwigajah,” ungkap Dicky pada awak media.

Dicky menambahkan, merespons suatu kejadian karena sebagai manusia, kita diberi tanggung jawab untuk mengelola bumi ini sebaik mungkin sesuai dengan ajaran agama, seperti yang dinyatakan dalam Surat Asyura ayat ke-30 yang menyebutkan kita sebagai khalifah di muka bumi.

BACA JUGA : Ternyata Ini Penyebab Angin Puting Beliung Rancaekek Bandung

“Perlu penanganan yang terus-menerus, masalah pengelolaan sampah, terutama dari tingkat rumah tangga melalui pemilahan sampah, menjadi salah satu prioritas yang mendesak,” ucapnya.

Dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, masyarakat diharapkan akan terdorong dan termotivasi untuk lebih aktif dalam mengelola sampah, yang pada akhirnya diharapkan akan mempercepat terciptanya kondisi kota Cimahi yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera.

Dicky menekankan pentingnya mendukung percepatan program Cimahi bersih sampah 2024, sejalan dengan program Grak Ompipah. Dia berharap partisipasi aktif dari masyarakat dan perangkat desa dalam pengelolaan sampah, baik organik maupun non-organik, dengan memanfaatkan kearifan lokal di setiap desa.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Chanifah Listyarini Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dirayakan setiap tanggal 21 Februari. Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup memutuskan untuk menyelenggarakan peringatan HPSN secara bersamaan dengan peringatan 19 tahun tragedi TPA Leuwigajah.

Tinggalkan Balasan