Demi Jaga Kepercayaan Konsumen, Pemkot Cimahi Dorong Transparansi Timbangan di Pasar

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Transparansi timbangan menjadi kunci kejujuran bagi para pedagang di pasar untuk menjaga kepercayaan konsumen dan menghindari kecurangan saat melakukan penimbangan barang.

Tera adalah sebuah proses uji yang dilakukan pada alat ukur, sementara tera ulang merupakan proses pengujian berkala yang dilakukan terhadap Alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP) yang digunakan dalam perdagangan. Proses ini bertujuan utama untuk melindungi kepentingan pembeli dan pedagang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bekerja sama dengan metrologi Bandung melakukan uji tera di Pasar Atas Kota Cimahi, upaya ini dilakukan untuk memelihara kepercayaan konsumen terhadap pasar dengan mendorong pedagang untuk meningkatkan transparansi dalam penggunaan alat ukur dan timbangan mereka.

“Ini adalah bagian dari upaya kita untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap pasar kita dan pedagang untuk lebih transparan dalam menunjukkan ketepatan alat ukur atau alat timbang nya,” kata Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi saat mengunjungi Pasar Atas Kota Cimahi, Jumat 23 Februari 2024.

BACA JUGA: Pemkot Cimahi Terus Upayakan Stabilkan Harga Beras

Selama tiga hari terakhir, Pemerintah Kota melalui Disdagkoperin telah melaksanakan pengujian tera pada setiap timbangan dengan gratis di Kota Cimahi.

“Alhamdulillah sudah kita laksanakan selama tiga hari dan ini hari terakhir setiap timbangan yang sudah di tera, itu sudah mendapatkan tanda bahwa sudah dilakukan uji tera, ini gratis dan ini menjadi prioritas saya selaku pejabat Wali Kota Cimahi,” ungkap Dicky.

Menurut Dicky, pentingnya keberkahan suatu kota dimulai dari penggunaan timbangan yang akurat, dengan penekanan pada penggunaan timbangan yang benar di pasar-pasar dan rencana untuk memperluas penerapannya di SPBU.

“Satu keberkahan satu Kota itu adalah dimulai dari timbangan yang benar, maka oleh karena itu timbangan yang benar ini dilakukan yang paling utama di pasar-pasar dan juga nanti akan dilakukan di SPBU,” pungkasnya.

Beberapa pedagang di Pasar Atas Kota Cimahi telah menerima bukti bahwa mereka telah menjalani proses uji tera, sehingga kini mereka dapat menggunakan timbangan secara gratis. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan