Mengatasi Trauma Pada Remaja Korban Perundungan

JABAR EKSRPES – Media sosial tengah viral kasus kekeraasan pada remaja yang terjadi disalah satu sekolah Terkenal di Tangerang. Kasus kekerasan atau perundungan dengan korban anak-anak sekolah ini, menjadi sorotan banyak pihak lantaran melibatkan seorang anak artis yang cukup terkenal.

Korban perundungan yang mengalami kekerasan bisa saja menjadi trauma, bukan hanya karena perilaku tidak mengenakkan yang diterimanya dari para pelaku, namun juga gempuran media sosial yang menyoroti dirinya.

Trauma yang terjadi akibat perundungan tersebut berdampak besar pada perkembangan psikologisnya, apalgi bila tidak segera diatasi.

Baca juga : Anak Vincent Rompies Diduga Terlibat Perundungan, Polisi Sebut Korban Masih Menjalani Perawatan Intensif

Untuk mengatasi trauma pada anak remaja yang menjadi korban kekerasan dan perundungan memerlukan pendekatan yang sensitif dan holistik.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Memberikan Dukungan Emosional

Berikan anak Anda dukungan emosional yang berkelanjutan. Dengarkan dengan sabar cerita mereka dan tunjukkan empati serta pengertian terhadap perasaan mereka.

2. Profesional Bantuan

Segera cari bantuan dari profesional kesehatan mental seperti psikolog atau konselor yang berpengalaman dalam bekerja dengan anak-anak yang mengalami trauma.

Mereka dapat memberikan dukungan, konseling, dan teknik pemulihan yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

3. Bantu Anak Mengelola Emosi

Ajari anak Anda cara mengelola emosi mereka dengan cara yang sehat, seperti teknik pernapasan dalam atau visualisasi.

Berikan mereka keterampilan untuk mengidentifikasi dan mengekspresikan emosi mereka dengan aman.

4. Ciptakan Lingkungan yang Aman

Pastikan anak Anda merasa aman di rumah dan di lingkungan sekitarnya. Jelaskan pada mereka bahwa kekerasan dan perundungan tidak dapat diterima dan mereka tidak bersalah atas apa yang terjadi.

Baca juga :  Viral! Anak Vincent Rompies Diduga Terlibat Kasus Bullying Siswa SMA hingga Masuk RS

5. Bimbing Anak untuk Menyelesaikan Konflik

Ajari anak Anda cara menyelesaikan konflik secara damai dan efektif. Berikan mereka keterampilan untuk berkomunikasi dengan jelas, menetapkan batasan yang sehat, dan meminta bantuan ketika diperlukan.

6. Beri Pujian dan Dorongan

Beri pujian dan dorongan kepada anak Anda ketika mereka menunjukkan tanda-tanda pemulihan atau ketika mereka menggunakan keterampilan baru untuk mengatasi trauma mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan