Sumedang Raih Penghargaan Gold Winner Mitra Kerjasama Pemerintah Terbaik dari LLDIKTI Wilayah IV

JABAR EKSRPES – Kabar gembira bagi masyarakat Sumedang, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, berhasil meraih Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah IV, sebagai Gold Winner kategori Mitra Kerjasama Pemerintah Terbaik.

Penghargaan untuk Sumedang ini diberikan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV M. Samsuri, kepada Pj.Bupati Sumedang Herman Suryatman.

Penyerahan penghargaan ini, berlangsung dalam acara Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi dan Badan Penyelenggara Tahun 2024, di The Grand Krakatau Ballroom, Oakwood Hotel, Jakarta, Senin (19/2/2024).

Baca juga :  Kala Menhan Prabowo Puji Kinerja Pj Bupati Sumedang

Dalam rakor yang mengambil tajuk “Berpacu Dalam Mutu Bersinergi Membangun Negeri” ini, Pj Bupati Herman berkesempatan diundang menjadi salah satu nara sumber.

Pj Bupati Herman dalam sharing sessionnya, menyampaikan materi tentang Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTM-GRMD).

Pj Bupati Herman mengatakan, penghargaan tersebut menjadi kado bagi warga masyarakat Sumedang khususnya bagi desa desa yang menjadi lokus PTM GRMD Tahun 2023-2024.

“Kuncinya kolaborasi termasuk dengan perguruan tinggi. Kalau bahu membahu tidak ada masalah yang sulit, semua bisa selesaikan. Bisa mencari solusinya antara lain melalui gotong royong membangun desa bersama perguruan tinggi,”ujarnya.

Baca juga :  Sumedang Terdepan Dalam Akselerasi Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Herman menambahkan, di tahun 2023 Pemkab Sumedang bersama dengan LLDIKTI Wilayah IV melaksanakan KKN Tematik Tipe III selama empat bulan di 26 desa, ini ekuivalen dengan 20 SKS satu semester.

Kemudian di tahun 2024 ini, PTM GRMD dilaksanakan di 150 desa dengan melibatkan 1.500 mahasiswa dari 111 perguruan tinggi di wilayah Jabar Banten.

“Program ini merupakan penerapan kolaborasi pentahelix yaitu sinergi antara LLDIKTI Wilayah IV, Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah dan masyarakat agar memiliki ownership dalam peningkatan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” katanya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan