Wujudkan Keberlanjutan, HK Urban Habitsphere 2023 Berhasil Kelola Sampah Rumah Tangga Hingga Dukung Kemandirian Pangan

JABAR EKSPRES – Dalam upaya pelestarian lingkungan serta pengembangan kawasan berkelanjutan, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertajuk HK Urban Habitsphere telah menyelesaikan kegiatan revitalisasi ekosistem lokal pada bulan Oktober hingga Desember tahun 2023 bertempat di wilayah Kampung Pro Iklim (Proklim) RW.05 Kelurahan Cibubur serta RW.12 Kelurahan Malaka Jaya, Jakarta Timur.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa sepanjang kegiatan tersebut dijalankan, sejumlah manfaat nyata telah dihasilkan bagi masyarakat setempat yakni dari aspek kesehatan dengan mewujudkan kebersihan lingkungan, aspek ekonomi melalui pengembangan pertanian perkotaan dan penciptaan produk yang memiliki nilai jual, aspek sosial dalam membentuk proses kemandirian masyarakat serta aspek edukasi dalam upaya penghijauan maupun pengelolaan sumber daya air.

Baca Juga: Dukung Pemenuhan Hak Anak, Klinik Alana Serahkan Donasi Sebesar 50 Juta kepada SOS Children’s Villages Lembang Bandung

“Untuk menunjang keberlanjutan program-program tersebut, Hutama Karya juga memberikan beragam bantuan sarana prasarana berupa pengeboran dan pembuatan instalasi air, perbaikan pagar dan atap jerami, pembuatan Green House serta mengadakan pelatihan kepada warga setempat mengenai proses bisnis hingga marketing produk kampung proklim,” ujar Tjahjo.

Sejauh ini, sebanyak 3200 KK yang berada di RW 05 Cibubur dan 557 KK di RW 12 Malaka Jaya telah menjalankan program pelestarian lingkungan diantaranya menanam TOGA (tanaman obat keluarga) dan buah-buahan, pengembangan hidroponik dan aquaponik, mendirikan bank sampah sebagai pusat pengelolaan sampah warga setempat serta pengelolaan limbah minyak jelanta. Oleh karena itu, HK Urban Habitsphere dilakukan sebagai upaya dalam memperbaiki dan mengembangkan program-program tersebut untuk mendukung peningkatan ekosistem lokal serta kawasan berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Tjahjo juga menjelaskan untuk mengoptimalkan programnya, dilakukan evaluasi secara berkala dalam setiap tahapan. Pada aktivitas bank sampah di RW.05 Cibubur, sepanjang bulan Oktober hingga Desember telah mengalami peningkatan pengumpulan sampah rumah tangga sebesar 146,1 kg. Selain itu adanya penambahan hasil panen sayur dan buah, serta warga setempat mulai memproduksi pangan olahan yang memiliki nilai jual tinggi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan