Masifkan Pemeliharaan Rutin, DBMPR Jabar Sebut 63 Persen Jalan Milik Provinsi Sudah Lewat Umur Teknis

JABAR EKSPRES – 63 persen dari total sekitar 2.362 kilometer (Km) jalan milik provinsi dilaporkan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat (DBMPR Jabar), saat ini sudah memasuki lewat umur teknis.

Kepala DBMPR Jabar, Bambang Tirtoyuliono menyebut, lewat umur teknisnya ruas jalan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya penurunan yang diakibatkan oleh muatan maupun cuaca.

“Walaupun kemantapan (jalan) kita sudah tinggi, tetapi tetap saja potensi untuk terjadinya kerusakan itu ada, karena ada penurunan di beberapa ruas jalan seperti akibat beban, cuaca, atau lain sebagainya,” katanya Selasa (20/2).

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Antar Kampung di Sukabumi Ambruk, Kehidupan Setempat Lumpuh

Untuk kemantapan jalan sendiri, Bambang menyebut saat ini sudah ada sekitar 83 persen lebih dari 2.362 kilometer jalan yang menjadi kewenangan provinsi. Maka agar nantinya tidak terjadi kerusakan kembali, pihaknya akan terus melakukan pemeliharaan secara masif.

“Di tahun 2024 ini kurang lebih ada sekitar 360 Km yang akan kita perbaiki, itu tersebar di seluruh Jabar. Jadi seluruh Kabupaten/Kota itu kita lakukan penanganan,” katanya.

Bambang menuturkan, pihaknya juga akan melakukan upaya semaksimal mungkin, agar seluruh jalan yang menjadi kewenangan provinsi dalam kondisi mantap.

BACA JUGA: Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PBD per Kapita 2024

“Jadi kita akan lakukan pemeliharaan rutin selain di beberapa ruas-ruas jalan, dan di stasiun-stasiun tertentu, kita akan maksimalkan, dan target kita untuk kemantapannya itu di akhir tahun 2024 kurang lebih sekitar 87 persen,” pungkasnya.(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan