Catat! Jadwal Libur Awal Puasa dan Tanggal Merah pada Bulan Ramadan 2024

JABAR EKSPRES – Bulan suci Ramadan segera tiba pada awal Maret 2024, menyiratkan kesiapan umat Islam untuk menyambutnya dengan penuh keceriaan dan ketaatan. Tetapi, selain bulan puasa yang dinantikan, ada satu pertanyaan yang selalu muncul di benak banyak orang kapan tepatnya libur awal puasa dimulai dan tanggal merah di bulan ramadan 2024.

Menurut Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag), awal puasa Ramadhan 2024 atau 1445 Hijriah diperkirakan jatuh pada 12 Maret 2024. Hal ini menyiratkan bahwa awal libur puasa 2024 akan dimulai sejak tanggal tersebut baik untuk anak sekolah ataupun pekerja kantoran. Namun, tentu saja, tanggal tersebut masih dapat berubah tergantung dari sidang isbat yang akan dilakukan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia.

baca artikel lainnya : 30 Ide Menu Buka Puasa Kreatif pada Bulan Ramadan

Tradisi ini biasanya memberikan waktu libur bagi masyakarat, dengan rentang waktu antara dua hari hingga satu minggu di awal bulan puasa. Namun, kebijakan ini juga dapat bervariasi bergantung pada kebijakan pemerintah daerah masing-masing.

Tak hanya libur awal puasa, bulan Maret 2024 juga menandai tiga hari besar yang ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah pada bulan ramadan 2024 ini. Termasuk di dalamnya adalah perayaan hari raya dan peringatan keagamaan yang berharga bagi banyak masyarakat.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, yang ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bulan Maret atau pada bulan ramadan 2024 memiliki tiga hari libur nasional dan satu hari cuti bersama.

Adapun tanggal merah yang ditetapkan sebagai libur nasional yang bertepatan dengan bulan ramadan 2024 adalah:

  • Senin, 11 Maret 2024 = Hari Nyepi 2024 atau Tahun Baru Saka 1946.
  • Jumat, 29 Maret 2024 = Wafat Isa Al Masih.
  • Minggu, 31 Maret 2024 = Hari Paskah.

baca artikel lainnya : Ide Kreatif Usaha Menjelang Bulan Puasa, Resep Candil Buah Naga Berikut Langkah-Langkahnya

Sedangkan satu hari pada bulan Maret 2024 ditetapkan sebagai cuti bersama. Berikut jadwal cuti bersama pada Maret 2024:

  • Selasa, 12 Maret 2024 = Cuti bersama Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1946

Dengan jadwal libur awal puasa dan tanggal merah pada bulan ramadan 2024,menjadi bulan yang ditunggu-tunggu untuk beristirahat dan merayakan moment-moment keagamaan yang penting.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan