5 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah, Ternyata Bisa Mengurangi Peradangan

JABAR EKSPRES – Simak inilah lima manfaat teh hijau untuk wajah, ternyata bisa mengurangi peradangan, seperti jerawat.

Teh hijau dapat dijadikan bahan perawatan untuk kulit dan wajah Anda. Dalam teh hijau terdapat polifenol yang berfungsi untuk menenangkan kulit dan memiliki sifat anti-penuaan.

Dengan mengaplikasikannya sebagai masker wajah, Anda dapat meraih perawatan maksimal untuk wajah Anda.

Berikut adalah lima manfaat teh hijau untuk kulit wajah yang dapat dengan mudah Anda terapkan di rumah demi hasil yang optimal.

Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

  1. Mencegah Masalah Kulit Akibat Sinar UV

Polifenol dalam teh hijau memiliki sifat pelindung untuk kulit. Teh hijau mampu membantu mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV, seperti photoaging seperti keriput, garis halus, pigmentasi, melanoma, dan kanker non-melanoma.

BACA JUGA: Hati-Hati! Skema Baru Aplikasi Investasi Bodong, Ini Penjelasannya

Meskipun demikian, diperlukan lebih banyak penelitian pada model manusia untuk memvalidasi temuan ini.

  1. Mengurangi Peradangan

Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah salah satu dari empat katekin dalam teh hijau yang membantu meredakan kondisi peradangan, seperti rosacea dan jerawat.

Penelitian yang mengevaluasi efek gel topikal dengan kandungan ekstrak teh hijau sebanyak 2 persen menunjukkan bahwa gel tersebut dapat membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

  1. Membantu Mengurangi Sebum Berlebihan

Penggunaan teh hijau secara topikal dapat membantu mengontrol produksi sebum yang berlebihan.

Penelitian melibatkan 22 pria sehat menemukan bahwa 5 persen ekstrak hijau mengurangi produksi sebum mereka secara signifikan dalam 60 hari.

Hal ini bermanfaat bagi jenis kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat, karena produksi sebum berlebihan merupakan penyebab utama timbulnya jerawat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

EGCG dalam teh hijau melindungi dan meregenerasi sel-sel di epidermis, lapisan paling atas kulit.

Penelitian di Medical College of Georgia menunjukkan bahwa EGCG memberikan energi pada sel-sel yang mati, membantu memperbaiki kondisi kulit.

BACA JUGA: Sinopsis Film Renegades, Aksi Menemukan Harta yang Tenggelam

Manfaat teh hijau untuk wajah juga dapat membantu mencegah kulit kusam dan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus dan kerutan.

Tinggalkan Balasan