Puting Beliung Terjang Bandung Barat, 2 Bangunan Rusak

JABAR EKSPRES  – Angin puting beliung menerjang Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Minggu (18/2/2024) pukul 15.30 WIB. Akibat terjangan angin itu, pabrik tahu dan green house di wilayah Parongpong rusak.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Suheri mengatakan, puting beliung utu terjadi di Desa Karyawangi perbatasan dengan Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong.

“Betul, angin kencang berputar di atas rumah milik warga dan menerbangkan benda-benda yang dilibtasinya,” kata Suheri saat dikonfirmasi, Minggu (18/2/2024).

Menurutnya, angin puting beliung terjadi dengan durasi singkat. Namun begitu, dua bangunan seperti green house dan pabrik tahun rusak.

“Asbes pabrik tahu berterbangan. Sementra hasil peninjauan yang dilakukan oleh staf desa Karyawangi, baru dia bangunan yang rusak,” katanya.

Pihaknya segera melakukan assessment serta menunggu laporan resmi dari pihak desa setempat mengenai dampak dari terjangan angin puting beliung itu.

“Untuk keterangan awal dari staf desa rumah warga tidak ada yang terdampak. Tapi kami akan pastikan lagi dengan assessment dan pengecekan oleh pihak desa juga,” kata Suheri.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan mitigasi bencana. Sebab, Jawa Barat telah memasuki musim hujan yang rawan bencana alam karena cuaca ekstrem. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan