Rekomendasi 11 Minuman dan Makanan Ampuh untuk Menghadapi Musim Flu

JABAR EKSPRES – Musim flu seringkali menjadi momok menakutkan, terutama saat saluran pernapasan atas terpapar virus yang menyebabkan penyakit ini. Apalagi, musim hujan seperti sekarang memicu perkembangan virus penyebab flu. Meskipun flu umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, ada beberapa minuman dan makanan pereda flu yang dapat Anda coba untuk mempercepat pemulihan.

Kaldu Hangat, Pilihan Tepat untuk Meredakan Tenggorokan

Ketika flu menghampiri, tubuh membutuhkan banyak cairan. Salah satu pilihan terbaik adalah kaldu. Kaldu ayam, sayur, atau tulang tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga memberikan sensasi hangat yang dapat meredakan tenggorokan. Menurut Everyday Health, cairan hangat lebih efektif dalam meredakan gejala flu dibandingkan cairan dingin.

Sup Ayam, Ramuan Ampuh untuk Mempercepat Pemulihan

Sup ayam merupakan kombinasi sempurna antara kaldu yang bergizi dan manfaat anti peradangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sup ayam dapat mengurangi peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Pastikan sup ayam Anda mengandung sumber protein, sayuran, dan karbohidrat untuk manfaat maksimal.

Bawang Putih, Senjata Ampuh dari Dapur

Bawang putih, tidak hanya menjadi bumbu dapur, tetapi juga memiliki manfaat dalam melawan flu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen berbahan bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala flu.

Jeruk dan Vitamin C untuk Pertahanan Tubuh

Jeruk dan sumber vitamin C lainnya dapat menjadi sekutu terbaik saat menghadapi flu. Vitamin C berperan sebagai antioksidan kuat yang membantu melawan infeksi. Studi menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi tingkat keparahan dan durasi flu. Selain jeruk, jeruk Bali, kiwi, brokoli, stroberi, tomat, dan blewah juga dapat menjadi pilihan yang baik.

Kangkung dan Sayuran Berdaun Hijau, Penuh Vitamin C dan Zat Besi

Kangkung dan sayuran berdaun hijau tidak hanya menyajikan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mengandung zat besi. Zat besi berperan penting dalam produksi sel kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi. Bayam juga dapat dijadikan alternatif makanan untuk meredakan gejala flu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan