Logistik Pemilu 2024 Didistribusikan Menggunakan 2 Perahu Bargas ke Ujung Wilayah KBB

JABAR EKSPRES – Petugas penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendistribusikan kotak suara, bilik, dan surat suara ke TPS 12, Kampung Cijuhung, Desa Margaluyu, Kecamatan Cipendeuy, Bamdung Barat pada Selasa, (13/2/2024).

Logistik yang diantar di antaranya, 5 kotak suara, 5 jenis surat suara, 4 bilik suara, spidol, pulpen, dan buku panduan petugas yang masih terbungkus plastik transparan.

Pendistribusian logistik pemilu ke pedalaman Bandung Barat ini menggunakan perahu nelayan keramba jaring apung (KJA) atau yang dikenal dengan Bargas untuk mengarungi perairan waduk Cirata.

“Perjalanan menempuh jalur darat 5 menit dari kantor desa, kemudian disambung menggunakan perahu menyeberangi perairan waduk Cirata kurang lebih 1 jam,” ujar Ketua PPS Margaluyu, Usman Sukmana, di sela perjalanan menuju lokasi TPS.

Perjalanan melalui perairan waduk Cirata ini cukup menguras tenaga, sebab ekspedisi menggunakan perahu ini terhambat tumpukan gulma eceng gondok yang berada di tengah perairan.

BACA JUGA : Meski Rawan Banjir, TPS 35 di Kampung Rancabali Paseh Tetap Memilih Berada di Bantaran Sungai, Ini Alasannya!

“Mau gak mau perahu harus menembus eceng gondok. Di situ mungkin yang cukup memakan waktu,” ucap Usman.

Usman menjelaskan, pendistribusian logistik pemilu menggunakan jalur air ini dinilai paling efektif di bandingkan menggunakan jalur darat.

“Kalau perjalanan darat tidak bisa menghunakan kendaraan, harus jalan kaki kurang lebih 2 jam. Kalaupun bisa kendaraan harus menggunakan motor trail melintasi hutan. Perkebunan coklat, kebun karet, dan kebun jati,” kata Usman.

Akses menuju kampung Cijuhung ini cukup terjal, tidak ada jalur darat yang resmi untuk dilalui kendaraan roda empat. Medan perjalanan sepanjang lokasi cukup rumit sehingga perahu menjadi alternatif paling efektif untuk menuju kampung Cijuhung.

“Kalau musim hujan begini jalannya berlumpur dan dalam. Itu harus motor trail. Motor biasa akan repot. Jalannya juga kecil jadi gak bisa pakai mobil,” tutur Usman.

Usman menjelaskan, logistik pemilu ini didistribusikan untuk menggelar pesta demokrasi 5 tahunan. Di kampung Cijuhung sedikitnya ada 300 pemilih yang bakal menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

“Di TPS 12 ini jumlahnya ada 294 daftar pemilih tetap dari 4 RT dalam 1 RW ditambah 6 pemilih tambahan. Jadi kita siapkan 300 lembar surat suara,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan