Penggunaan Media Sosial Bisa Menyebabkan Gangguan Mental? 

Oleh: Raihan Abdul Jabar

Manusia tidak bisa menjalani hidup sendirian karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang mana manusia akan terus membutuhkan manusia lainnya dalam berinteraksi. Interaksi yang dilakukan oleh manusia antara lain dalam aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan dan aspek lainnya yang melibatkan manusia. Interaksi sosial terjadi apabila adanya kontak sosial dan komunikasi yang dilakukan oleh dua atau lebih.

Perkembangan teknologi sudah semakin pesat, hal tersebut dikarenakan teknologi sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok masyarakat. Penggunaan teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, semua aktivitas manusia bisa dikerjakan dengan mudah melalui bantuan teknologi. Salah satunya dalam bidang informasi dan komunikasi. Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan dari seorang kepada orang lain dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan mengubah sikap atau perilaku seseorang.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, manusia bisa berinteraksi secara langsung ataupun secara tidak langsung. Interaksi secara tidak langsung bisa dilakukan melalui media sosial. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa media sosial adalah sebuah jejaring internet yang bisa menghubungkan aktivitas sosial lebih luas bahkan tidak terbatas oleh jarak. Sebagai ilustrasi, orang yang tinggal di Indonesia bisa mengetahui kehidupan orang yang tinggal di negara lain. Contoh lainnya seorang Ayah yang sedang bekerja di luar pulau bisa berkomunikasi dan mengetahui kabar dari anak dan istrinya dengan berkomunikasi secara online. Hal tersebut bisa dijangkau karena penggunaan media sosial.

Media sosial memiliki banyak jenis diantaranya Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain sebagainya. Media sosial umumnya digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja, orang tua, ataupun dewasa. Mereka menggunakan media sosial untuk berbagai hal seperti untuk berkomunikasi jarak jauh, memperluas jangkauan bisnis, bahkan untuk mengunggah kegiatan pribadinya di media sosial tersebut.

Sebagai yang sering kita temui saat ini banyak para remaja yang menggunakan media sosial untuk mengunggah foto pribadi, foto bersama teman dan keluarga, dan kegiatan pribadi lainnya untuk diunggah di media sosial. Remaja tersebut beranggapan bahwa mengunggah foto di media sosial merupakan hal yang sangat keren dan gaul di era serba teknologi saat ini. Bahkan, tak jarang terbentuk stigma bahwa seseorang yang tidak menggunakan media sosial adalah seseorang yang tidak gaul dan tidak terjamah oleh perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan