Google AI Bard Ganti Nama Jadi Gemini, ini Keunggulannya

JABAR EKSPRES – Tahun sebelumnya, Google mengeluarkan chatbot Bard yang diperkuat dengan kecerdasan buatan (AI) generatif. Kini, pesaing ChatGPT ini resmi berganti nama menjadi Gemini.

Gemini diambil dari large language model (LLM) yang diperkenalkan Google pada akhir tahun sebelumnya.

Chatbot Gemini didorong oleh model AI Gemini Pro 1.0 yang telah tersedia dalam 40 bahasa di lebih dari 230 negara.

Baca juga : Google Bard Sekarang Bisa Membuat Gambar AI, Menyaingi ChatGPT

Sissie Hsiao, Vice President dan General Manager Gemini experiences dan Google Assistant, menyatakan dalam pernyataan resmi bahwa misi mereka dengan Bard adalah memberikan akses langsung kepada model AI mereka.

Dan Gemini mewakili rangkaian model yang paling mumpuni. Oleh karena itu, Bard sekarang dikenal sebagai Gemini.

Model AI Gemini juga diterapkan dalam layanan Google Workspace dan Cloud.

Layanan Duet AI, yang sebelumnya dikenal sebagai Workspace, kini dikenal sebagai Gemini for Workspace.

Google tidak hanya mengganti nama, mereka juga mengumumkan bahwa chatbot Gemini akan memiliki aplikasi khusus untuk Android. Sedangkan untuk pengguna iOS, Gemini dapat diakses melalui aplikasi Google.

Gemini juga terintegrasi dengan layanan Google Assistant, memungkinkan pengguna mengaksesnya seperti memanggil Assistant, dengan menekan tombol power atau mengucapkan ‘Hey Google’.

Hal ini memudahkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan tentang artikel yang mereka baca, misalnya.

Hsiao juga menyatakan bahwa banyak fitur suara Google Assistant akan tersedia melalui aplikasi Gemini, termasuk mengatur timer, melakukan panggilan telepon, dan mengontrol perangkat rumah pintar.

Google sedang berusaha untuk mendukung lebih banyak fitur di masa depan.

Google juga memperkenalkan Gemini Advanced, sebuah layanan berbayar yang didorong oleh Gemini Ultra 1.0, model AI terbesar dan paling canggih yang ditawarkan oleh perusahaan.

Gemini Advanced diakui lebih mendalam dalam menjalankan tugas-tugas kompleks seperti coding, penalaran logis, mengikuti instruksi yang berbeda-beda, dan berkolaborasi dalam proyek kreatif.

Google juga menyebutkan bahwa Gemini Advanced bisa menjadi tutor pribadi dengan menyusun langkah-langkah instruksi, kuis, dan menjadi teman diskusi.

Gemini Advanced tersedia sebagai bagian dari Google One AI Premium Plan dengan biaya USD 19,99 atau sekitar Rp 313 ribuan per bulan. Google menyediakan uji coba gratis Gemini Advanced selama dua bulan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan