UPI Tawarkan 11.181 Kuota Pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024/2025

JABAR EKSPRES – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2024 diselenggarakan melalui tiga jalur, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Panitia SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemdikbudristek, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola oleh UPI.

Baca Juga: Mahasiswa Lancang Kuning Pekanbaru Berbagi Cerita Ikut PMM di UNPAR

Direktur Direktorat Pendidikan UPI, Asep Supriatna menyampaikan, Merujuk ketentuan Panitia SNPMB BP3 Kemdikbudristek, kuota minimum jalur SNBP sebesar 20 persen. Kuota minimum jalur SNBT sebanyak 40 persen, kecuali PTN Badan Hukum (PTNBH), SNBT Minimum 30 persen. Sedangkan untuk kuota jalur seleksi mandiri sebesar maksimum 30 persen.

“Total kuota yang ditawarkan UPI pada seleksi penerimaan mahasiswa baru Tahun 2024 untuk semua jalur seleksi sebanyak 11.181 orang. Jumlah kuota jalur SNBP sebanyak 3.363 orang, kuota jalur SNBT 5.055 orang dan kuota jalur seleksi mandiri sebanyak 2.763 orang. Kuota SNPMB UPI yang ditawarkan Tahun 2024 ini meningkat dari tahun sebelumnya di Tahun 2023 sebanyak 11.134 orang,” ujar Asep usai acara sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SPNMB) di Gedung Achmad Sanusi UPI, Rabu (7/2).

Sementara ketentuan seleksi melalui Jalur SNBP di UPI dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik.

“Peserta SNBP adalah siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul. Prestasi akademik maupun non akademik dari siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik,” imbuhnya.

Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024. “Selanjutnya, pada tahun 2024, siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun,” ujarnya.

Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru (RMB) Direktorat Pendidikan UPI, Prof Ahmad Mudzakir menambahkan, Ketentuan seleksi melalui Jalur SNBT di UPI diikuti oleh peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan