Teknik Psikologi: 9 Cara Manipulasi Orang Lain

Mereka biasanya melakukan ini karena mereka membutuhkan validasi emosional dan perhatian. Contohnya adalah ketika pasangan mengancam akan melukai diri sendiri jika kita meninggalkan mereka, atau orang tua yang terus membesar-besarkan risiko operasi mereka agar mendapatkan lebih banyak cinta dan kepastian.

Hal ini pada dasarnya adalah sebuah cara manipulatif untuk memaksa kita merasa bahwa situasi tersebut sangat berbahaya dan merugikan. Menebar ketakutan seperti ini sangat menantang dan tidak bisa diabaikan.

Baca juga: Teknik Psikologi: Cara Jitu untuk Memengaruhi Orang Lain

4. Bom cinta

Bom cinta adalah trik romantis yang sulit dikenali dimana seseorang menggunakan pujian, hadiah, dan cinta yang besar untuk mempercepat terbentuknya hubungan dengan orang lain.

Contohnya adalah ketika A baru saja berpasangan dengan seseorang bernama B. B sangat baik dan menarik, dan dia seolah jatuh cinta pada kita.

Padahal, hanya dalam waktu dua minggu, B sudah ingin membentuk keluarga dengan A dan menghiasi dengan hadiah-hadiah mewah serta terus-menerus mengirim pesan cinta.

Namun, setelah sebulan berlalu, B mengaku bahwa dia tidak siap untuk hubungan serius dan memutuskan untuk berpisah. Bom cinta seringkali diikuti dengan perilaku pengendalian atau putus tiba-tiba.

5. Breadcrumbing

Breadcrumbing adalah ketika seseorang secara tidak konsisten memberikan perhatian kepada Anda, membuat Anda menunggu dan kemudian menghilang entah dari mana.

Meskipun mungkin mereka mengirim pesan dan memberi tahu Anda betapa pentingnya Anda, tetapi mereka seringkali mengabaikan Anda selama beberapa hari.

Hal ini membuat Anda merasa senang ketika mereka akhirnya menghubungi Anda, tetapi kecewa saat mereka kembali menjauh. Perhatian yang mereka berikan kepada Anda hanya berupa remah-remah roti, dan Anda seharusnya mendapatkan lebih dari itu.

Anda memiliki hak untuk mendapatkan lebih dan pantas mendapatkan hubungan yang lebih konsisten dan penuh perhatian.

6. Triangulasi

Triangulasi adalah trik psikologi yang digunakan untuk melibatkan orang ketiga dalam pertengkaran antara dua orang, dengan tujuan untuk mempengaruhi pendapat seseorang.

Dalam triangulasi, orang yang menggunakan trik ini mengumpulkan lebih banyak orang dalam perdebatan sehingga lebih sulit bagi orang yang berpendapat berbeda untuk mempertahankan pendapatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan