Teknik Psikologi: 9 Cara Manipulasi Orang Lain

7. Silent treatment

Perlakuan diam juga merupakan strategi yang umum digunakan dalam pertengkaran. Dalam perlakuan diam, seseorang cemberut, menunjukkan perilaku pasif-agresif, dan enggan untuk membahas masalah yang sedang dihadapi dengan pasangannya.

Tujuan perlakuan diam adalah untuk membuat orang lain merasa bingung, tidak yakin dengan diri sendiri, cemas, bersalah, dan stres.

Hal ini juga membuat hubungan menjadi lebih menguntungkan bagi orang yang menggunakan strategi manipulatif ini karena orang lain merasa perlu bekerja keras untuk ‘menebus’ kesalahan yang tidak diketahui.

8. Proyeksi

Proyeksi adalah teknik yang menarik di mana seseorang mengambil emosi diri sendiri dan memproyeksikannya ke orang lain. Misalnya, pasangan Anda mungkin kesal dengan Anda karena suatu hal, tetapi alih-alih mengkonfrontasi Anda dengan sopan, mereka membuat asumsi yang salah tentang perilaku Anda dan terus bertanya mengapa Anda kesal.

Lalu mereka akan menunjukkan rasa kesal dan marah mereka sendiri sebagai respons atas perasaan negatif yang mereka duga bahwa Anda rasakan, meskipun sebenarnya Anda tidak memiliki perasaan negatif.

Contoh lain adalah seseorang yang terus meminta orang lain untuk berhenti berteriak padahal yang sebenarnya yang berteriak adalah dirinya sendiri. Begitu pula, seseorang mungkin mengatakan kepada Anda untuk tetap tenang saat Anda berbicara dengan nada suara yang normal, tetapi mereka sendiri semakin gelisah. Proyeksi merupakan fenomena menarik yang sering terjadi tanpa disadari oleh banyak orang.

9. Kebaikan palsu

Kebaikan palsu terjadi ketika seseorang memberikan pujian atau menunjukkan perhatian, tetapi sebenarnya mereka memiliki motif tersembunyi. Mereka mungkin ingin memanfaatkan Anda atau mendapatkan keuntungan dari hubungan tersebut.

Contohnya adalah rekan kerja yang terus memberikan pujian untuk membuat Anda menggantikan pekerjaan mereka.

Teman yang terlalu perhatian dan merawat saat Anda sakit mungkin memiliki rencana menggunakan kebaikan itu untuk menggunakannya sebagai senjata di masa depan.

Kebaikan palsu merupakan trik psikologis yang digunakan untuk memanipulasi orang lain, meskipun beberapa orang mungkin tidak menyadarinya. Namun, dengan mengetahui trik-trik ini, Anda dapat menghindari menjadi korban manipulasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan