Sektor Pertanian di Kabupaten Bogor Alami Penurunan, Rudy Susmanto Pinta Pemkab Melek Teknologi

BOGOR, JABAR EKSPRES – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta pemerintah daerah untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Bumi Tegar Beriman.

Hal itu diperlukan karena produktivitas pertanian di Kabupaten Bogor mengalami penurunan dalam 10 tahun terkahir dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Ini penting mengingat 10 tahun ke belakng produktivitas pertanian di Kabupaten Bogor menurun, ” kata Rudy Susmanto, Kamis (7/2).

Menurut Rudy, teknologi di sektor pertanian itu mencakup pada alat pertanian yang lebih modern. Kata Rudy, alat pertanian itu yakni yang mampu menunjang para petani mulai dari masa tanam hingga panen dan mampu mengendalikan hama.

Selain itu, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam menunjang produktivitas pertanian lewat alat modern, juga diperlukan.

BACA JUGA: Ketua DPRD Rudy Susmanto Dukungan Disparbud Targetnya Jumlah Wisatawan di Kabupaten Bogor

“Faktor yang mendukung pertanian modern adalah Sumber Daya Manusia (SDM), benih berkualitas tinggi, hasil pertanian yang berkualitas, serta mekanisasi berteknologi tinggi,” katanya.

Rudy mengakui, pemerintah telah menjalankan peranan memajukan pertanian modern. Namun, berkaca pada data-data statistik upaya ini perlu diintensifkan lagi. Sehingga perlu adanya keterlibatan para ahli dalam meningkatkan produktivitas para petani.

“Akademisi/ahli, dan praktisi bidang pertanian memiliki peran penting dalam membangun ekosistem pertanian modern,” ujarnya.

Rudy Susmanto menjelaskan, keterlibatan ahli dan praktisi agar pembangunan desain pertanian, selain sesuai dengan perkembangan teknologi, juga mampu menjaga keseimbangan lingkungan.

“Penting untuk menjaga alih fungsi lahan pertanian agar tidak merusak ekosistem lingkungan hidup,” pungkasnya.

BACA JUGA: Rudy Susmanto Minta Pemkab Bogor Libatkan Ahli untuk Kembangkan Sektor Pertanian

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan