Resep Tanghulu, Camilan Manis dan Segar Untuk Sajian Imlek!

JABAR EKSPRES – Bintanghulu atau seringkali dikenal dengan Tanghulu merupakan camilan manisan buah khas Tiongkok. Tanghulu merupakan permen buah yang umumnya terdiri dari buah anggur, strawberry, atau jeruk yang ditusuk di tusuk sate lalu dilapisi dengan gula cair yang kental dan manis.

Selain kue keranjang, jeruk, dodol, dan lapis legit, tak ada salahnya untuk menyajikan menu lain saat perayaan imlek. Tanghulu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sajian di meja saat imlek.

Sate buah bertekstur renyah ini juga memiliki penampilan yang menarik. Ditambah lagi kilapan diseluruh bagian buah menambah keindahan sajian ini.

BACA JUGA: Resep Tahu Dumpling Keju Super Lembut, Bisa untuk Ide Jualan

Tanghulu bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara, alat, dan bahan yang sederhana. Simak resep tanghulu permen buah yang manis dan segar untuk sajian imlek berikut ini.

Bahan-bahan :

– Berbagai jenis buah-buahan (anggur, jeruk, strawberry, atau lainnya)

– 1 ¾ sdm air (25 ml)

– 1 sdm madu

– 150 gr gula pasir

Cara Membuat Tanghulu :

1. Langkah pertama anda bisa siapkan panci kecil dan masukan gula pasir ke dalamnya. kemudian beri sedikit air dan madu.

2. Panaskan campuran tersebut menggunakan api yang kecil dan tidak perlu diaduk, namun cukup goyang-goyangkan panci secara perlahan.

3. Tunggu campuran tersebut sampai mulai mendidih, kemudian anda dapat sedikit meningkatkan suhu kompor.

4. Masak campuran tersebut hingga gula benar-benar larut dan warnanya berubah menjadi kecoklatan.

BACA JUGA: Resep Tang Yuan, Hidangan Kenyal Manis Khas Perayaan Cap Go Meh

5. Setelah gula sudah tercampur secara merata dan matang kecoklatan, aduk campuran tersebut lalu oleskan pada buah-buahan yang telah ditusuk ke tusukan sate.

6. Selanjutnya biarkan gula dan buah tersebut dingin hingga mengeras, setelah itu sajian Tanghulu pun siap untuk disajikan di meja saat imlek!

Camilan sate buah yang manis dan segar ini dapat membuat suasana perayaan imlek anda lebih menarik. Dengan sajian Tanghulu, imlek bersama keluarga dan kerabat pun semakin terasa hangat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan