Tebing Longsor di Jalur CIC, Jalan Cisarua-Parongpong Terputus Total

JABAR EKSPRES – Tebing di Desa Kertawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) longsor. Akibatnya, jalur Cisarua-Parongpong ataupun sebaliknya putus total.

Tebing longsor tersebut terjadi sekitar pukul 17.40 WIB, padahal saat kejadian wilayah tersebut sedang tidak turun hujan.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Bandung Barat, Amas Winata mengatakan, saat ini akses jalur antar dua kecamatan tidak biaa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

“Titiknya terjadi sesudah pintu pos Ciwangun Indah Camp (CIC) sebelah kiri kalau dari arah Cisarua. Sementara ini akses jalan tertutup,” kata Amas saat dikonfirmasi, Selasa (5/2/2024).

BACA JUGA : 40 Persen Siswa SMAN 5 Cimahi Memenuhi Syarat Jalur SBMPTN Melalui Eligible

Amas mengimbau agar kendaraan yang hendak melintas wilayah tersebut segera mencari jalur alternatif lain agar tidak terjebak kemacetan.

“Akses jalur dari kedua arah baik Padalarang dan Lembang terputus. Kendaraan harus memutar cari jalan lain karena jalannya tidak bisa dilintasi sama sekali,” sebutnya.

Saat ini petugas BPBD Bandung Barat beserta pemerintahan daerah setempat tengah melakukan pengecekan di lokasi kejadian untuk memastikan dampak kerusakan akibat longsor besar itu.

“Saat ini petugas sedang melakukan asesmen ke lokasi kejadian. Untuk dampak dan sebagainya masih kita lakukan pendataan. Nanti akan dirilis,” kata Amas.

Amas menjelaskan, material longsor tersebut cukup besar sehingga harus mendatangkan alat berat untuk melakukan evakuasi.

“Longsorannya cukup besar sehingga harus pakai alat berat. Kita masih lakukan pendataan dulu untuk informasi lebih detail,” tutupnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan