40 Persen Siswa SMAN 5 Cimahi Memenuhi Syarat Jalur SBMPTN Melalui Eligible

Pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan dimulai pada 14 Februari 2024. Belum ada informasi mengenai pilihan PTN siswa karena proses pendaftaran belum dimulai. Seleksi akan dilakukan sesuai ketentuan PTN setelah pendaftaran dibuka.

Antusiasme siswa-siswi terlihat saat pengumuman kelayakan. Deni menceritakan ada yang bahagia sampai menangis, namun ada yang tidak terpilih meski memiliki nilai bagus karena tak akan kuliah. Beasiswa tersedia namun beberapa siswa tak dapat melanjutkan karena keterbatasan finansial.

“Ada juga yang dari awal mau melanjutkan ke pendidikan militer atau Akmil dan Akpol meskipun nilai nya pada bagus karena anaknya tidak mau,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Rahmandika Pensaputra Sumara mengatakan sekolah memberikan motivasi kepada murid-muridnya untuk meraih nilai baik, karena nilai tersebut penting untuk masuk eligible.

“Saya juga tahu dari orang tua, karena orang tua melihat dari SMA lain terkait adanya eligible ini. Jadi dari kelas 10 sudah tahu apa yang sudah di targetkan,” ucap siswa berusia 17 tahun tersebut.

“Saya berencana untuk mengikuti ujian masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan nilai dan sertifikat yang telah saya peroleh sejak kelas 10. Harapannya, hal ini akan mendukung saya dalam mengejar cita-cita saya di UNPAD, khususnya jurusan akuntansi,” ungkap siswa kelas 12 IPS 3 tersebut.

Sama halnya dengan Dewi Sri Nariswari Agusni (17) siswi kelas 12 IPA 4, sumber informasi tentang eligible ia mengetahui dari internet dan guru les.

“Makanya setelah tahu informasi eligible saya berusaha memperbagus nilai saya dari semester 1,” ucap siswa berparas ayu tersebut.

Antusiasmea sangat tinggi karena berhasil meraih kesuksesan setelah berusaha sejak kelas 10 semester 1. Dewi merasa bersyukur dan yakin bahwa usahanya tidak sia-sia.

“Motivasi dari kelas 10 mendorong saya, merasa bersyukur. Saya berencana mendaftar di Fakultas Teknologi Industri ITB,” pungkas Dewi. (Mong)

Tinggalkan Balasan