Raffi Ahmad Cerita Jujur Soal Tips Bangun Bisnis, Gak Pake Ribet!

JABAR EKSPRES – Sebagai salah satu sosok terkenal di dunia hiburan Indonesia, Raffi Ahmad tidak hanya dikenal sebagai presenter dan selebriti layar kaca, tetapi juga sebagai pengusaha sukses. Dalam wawancaranya dengan detikcom pada Sabtu (3/2), Raffi Ahmad blak-blakan mengungkapkan cara uniknya dalam membangun bisnis selama ini.

Pria yang kini lebih banyak aktif sebagai presenter ini mengungkapkan bahwa salah satu kunci kesuksesannya adalah tidak mengeluarkan uang secara langsung dalam berbisnis. “Percaya enggak percaya, aku enggak keluar duit. Saking orang percaya sama aku tuh, nanti setelah untung baru dibagi,” ungkap Raffi Ahmad.

Menariknya, Raffi Ahmad menjelaskan bahwa hal ini bisa dilakukan berkat kolaborasi dan kepercayaan rekan bisnisnya. “Itu lah value yang berbeda. Kadang bisnis bukan hanya masalah valuasi, tapi ada kepercayaan dan memang itu tidak bisa ditakar dengan uang,” tambahnya.

Raffi Ahmad menganggap kejujuran sebagai hal terpenting dalam menjalankan bisnis dan kehidupan. Menurutnya, transparansi dan kejujuran menjadi fondasi utama yang membentuk hubungan baik dengan rekan bisnis dan klien.

“Yang penting jujur, enggak tipu-tipu. Semuanya transparan. Misalnya gue bisanya gini, ngomong di depan. Jadi orang akan menghargai. Menjaga brand atau nama baik itu lebih dari segalanya,” tegas Raffi Ahmad.

Sebagai pendiri dan Presiden Komisaris RANS Entertainment, Raffi Ahmad juga mengungkapkan bahwa ia tidak takut mengalami kerugian dalam bisnisnya. Baginya, kerugian adalah hal wajar yang bisa terjadi dalam dunia bisnis, sebagaimana hal-hal buruk dalam kehidupan.

“Roda kehidupan itu segala sesuatunya alamiah dan bisa terjadi,” ujar Raffi Ahmad. “Jadi enggak usah takut kalau rugi dan jangan sombong kalau lagi untung. Biasa-biasa saja lah. Lebih baik digunakan untuk putar lagi uangnya.”

Meskipun Raffi Ahmad kini lebih fokus sebagai presenter daripada berakting seperti awal karirnya, ia juga aktif dalam membangun perusahaan bersama sang istri, Nagita Slavina, melalui RANS Entertainment. Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor, termasuk media, ritel, FMCG, grup olahraga, dan grup wisata.

Pasangan ini tidak hanya aktif di dunia nyata, tetapi juga memanfaatkan kepopuleran mereka di dunia maya. Akun Instagram @raffinagita1717 mereka telah menjadi yang paling banyak diikuti di Indonesia, dengan lebih dari 74,8 juta pengikut. Sementara itu, saluran YouTube mereka memiliki lebih dari 26 juta pelanggan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan