12 Hari Menuju Pemilu 2024, KPU Kota Bogor Mulai Persiapan Distribusikan Surat Suara

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor tengah berancang-ancang untuk melakukan pendistribusian surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Proses distribusi surat suara rencananya dilaksanakan pada H-7 sebelum pencoblosan. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan menyambut Pemilu yang tinggal 12 hari lagi.

Ketua KPU Kota Bogor, M. Habibi Zaenal Arifin menuturkan, bahwa pendistribusian surat suara ini direncanakan langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di tiap Kelurahan se-Kota Bogor.

“Langkah ini dilakukan untuk memastikan efisiensi dan keamanan dalam proses distribusi. Dalam menghadapi Pemilu 2024, berbagai persiapan terus dimatangkan untuk mensuksekan pesta demokrasi lima tahunan di Kota Bogor,” katanya kepada wartawan, Jumat, 2 Februari 2024.

Ia menjelaskan, salah satu aspek yang menjadi fokusnya yakni, pendistribusian logistik, khususnya surat suara ke 2.904 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kota Bogor.

“Kami pastikan bahwa itu sudah aman semua, dan jajaran kami saat ini sedang melakukan pengepakan dan checking ulang,” tuturnya.

BACA JUGA: Disdukcapil Cimahi Gencarkan Perekaman e-KTP Jelang Pemilu 2024

“Jangan sampai ada kekurangan atau kelebihan jumlah surat suara yang akan didistribusikan ke masing-masing TPS,” imbuh Habibi.

Surat suara akan didistribusikan langsung ke PPS dengan tujuan menjaga agar tidak terjadi kerusakan atau kelebihan jumlah surat suara.

“Kami dari Gudang Logistik akan distribusikan langsung ke masing-masing PPS, nanti dari PPS baru ke TPS masing-masing. Setiap PPS memiliki gudang tersendiri masing-masing, penempatannya kebanyakan di Kelurahan,” jelasnya.

Dalam menjaga keamanan gudang PPS, sambung dia, KPU Kota Bogor telah berkoordinasi dengan pihak Polresta Bogor Kota yang akan memfasilitasi pengawalan ketat selama 24 jam.

“Kami sudah berkoordinasi langsung dengan Pak Kapolres, dan beliau siap untuk memback up pengamanan pendistribusian logistik sampai dengan hari dikembalikannya logistik tersebut,” ucap dia.

Habibi menekankan bahwa KPU Kota Bogor berkomitmen untuk menjaga integritas dan keamanan dalam setiap tahapan Pemilu 2024.

“24 jam full pengamanan di Gudang Logistik, yang hari ini juga dijaga oleh pihak kepolisian 24 jam full oleh petugas piket mereka,” tukasnya. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan