Kumpulan Doa Untuk Pemimpin, Agar Allah Beri yang Sesuai Kriteria Kepemimpinan Islam

JABAR EKSPRES – Mendekati pemilihan umum Presiden dan legislatif, kita harus memperbanyak doa kepada Allah Agar mendapatkan pemimpin yang amanah dan benar-benar mengutamakan kepentingan rakyatnya. Berikut ada kumpulan doa untuk pemimpin yang bisa kita amalkan sebelum pelaksaan pemilu berlangsung.

Kumpulan doa untuk pemimpin ini merupakan doa yang diambil dari berbagai sumber, dengan makna yang dalam sebagai bentuk pengharapan besar kepada Allah.

Maksudnya agar negara ini mendapatkan pemimpin yang sesuai dengan kriteria seorang khalifah pemimpin Islam, dimana bisa bersikap adil, bijak, sehat secara jasmani dan rohani.

Baca juga : Kekuatan Doa Perlindungan dari Fitnah Dajjal di Akhir Sholat

Selain itu juga bisa melaksanakan tugas kepemimpinannya, memiliki ilmu agama agar bisa berijtihad, berani melawan kedzholiman, bisa melindungi rakyat juga teritorinya.

Dalam Alquran, kriteria seorang khalifah juga dijelaskan salah satunya agar bisa menjaga bumi dari kerusakan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman:

وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَفَسَدَتِ الْأَرْضُ

“Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian manusia dengan sebagaian yang lain, pasti rusaklah bumi ini” [al-Baqarah : 251].

Berikut kumpulan doa untuk Pemimpin, yang bisa kita amalkan di waktu-waktu musrtajab :

1. Doa pertama

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

(Allahumma inni a’udzubika min imratisshibyan was sufaha’)

“Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”[2]

2. Doa kedua

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

(Allahumma laa tusallith ‘alainaa bidzunubinaa man laa yakhafuka fiinaa wa laa yarhamunaa)

“Yaa Allah -dikarenakan dosa-dosa kami- janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

3. Doa ketiga

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan