KPU RI Resmi Umumkan 12 Panelis Debat Kelima Pilpres 2024, Ini Daftarnya!

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 12 nama panelis untuk debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yang dijadwalkan akan diikuti oleh tiga calon presiden di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Anggota KPU RI, August Mellaz, menyatakan bahwa ke-12 panelis tersebut telah mengkonfirmasi partisipasi mereka dan menjalani karantina selama dua hari sebelum acara debat, yakni pada Jumat (2/2/2024).

“Kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 12 orang panelis yang nanti akan terlibat dalam menyusun pertanyaan-pertanyaan untuk debat yang kelima mendatang sesuai dengan tema yang kami tetapkan,” kata Mellaz, dikutip Jabar Ekspres dari Antara News.

Para panelis tersebut, yang mayoritas merupakan akademisi dan sebagian praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil.

Panelis tersebut antara lain Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin); Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D. (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027).

BACA JUGA: Anwar Usman Gugat Suhartoyo dan Minta Dirinya untuk Tetap Menjadi Ketua MK

Lalu ada, Bahruddin (Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah); Damar Juniarto, S.Sos (Akademisi di UPN Veteran Jakarta).

Selanjutnya, Prof. Emeritus PM Laksono Ph.D. (Guru Besar Antropolog, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada); Imam Prasodjo (Sosiolog Universitas Indonesia); Onno widodo Purbo.PhD. (Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor institut Teknologi Tangerang Selatan); Dra. Reni Kusumowardhani M.PSI., (Psikolog Himpunan Psikologi Indonesia).

Kemudian, Timboel Siregar, S.SI, SH, MM (Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia); Tolhas Damanik, M.Ed (Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access); Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D. (Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta); dan Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D. (Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia).

Debat kelima Pilpres 2024, yang akan menampilkan tiga calon presiden Anies Baswedan (nomor urut 1), Prabowo Subianto (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (nomor urut 3), akan membahas berbagai isu, termasuk kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan