Jawab Masalah Kemacetan Bandung Timur, Pemkot Dorong Exit Tol Segera Beroperasi

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Kemacetan di kawasan Bandung Timur, tepatnya wilayah Gede Bage dan sekitarnya, menjadi masalah baru bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Terlebih di daerah tersebut ada sejumlah objek yang bisa menarik kunjungan wisatawan.

Kawasan yang belakangan ini selalu menjadi pusat keramaian dan dipadati warga, diantaranya seperti kunjungan ke Masjid Raya Al Jabbar, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), akses menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Tegaluar, serta kehadiran Mal Summarecon.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut, pengoperasian Exit Tol 149 dimungkinkan bisa menjawab masalah padatnya arus lalu lintas di wilayah tersebut. Lantas pihaknya mendorong, pembukaan segera dilakukan.

Dia menambahkan, termasuk mendorong agar pembangunan KM 149 segera diselesaikan. “Suratnya sedang berproses. Kami ingin mendorong supaya yang KM 149 ini nanti tuntas sampai ke Jalan Soekarno-Hatta,” ungkap Ema kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Maraknya Alih Fungsi Lahan di KBU, Pemda KBB Lempar Kesalahan ke Kota Cimahi

“Ya kalau sekarang ini hanya sampai di Summarecon. Ini artinya belum tuntas, nah ini yang sedang kami dorong,” tambahnya.

Menurutnya, nanti di samping Exit Tol KM 149, ada semacam percepatan pembangunan Exit Tol KM 151. Dia mengungkapkan, kontruksi jalan tol itu akan membelah lahan dan konstruksi jalan itu juga ada di jalan milik Pemkot Bandung.

“Sekarang ini sedang dipercepat juga proses pembukaan KM 151. Otoritasnya di pemerintah pusat. Kita sifatnya mendukung. Kalau nanti pemerintah kota harus menghibahkan, saya pikir tidak ada masalah. Karena G2G itu bisa. Ya government to government untuk proses hibah,” katanya.

Selain itu, menurutnya saat ini pihak Summarecon tengah menyiapkan akses jalan yang disebut Sektor 5. Namun, akses itu melintasi sungai. Oleh karena itu, dia juga mendorong Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) segera mengeluarkan rekomendasi agar izin segera keluar.

“Ya lumayan kalau itu dibuka untuk akses nanti menuju Al Jabbar bisa juga melingkar untuk menuju ke mal. Atau juga nanti bisa bisa langsung ke GBLA. Nanti ada jembatan balley di sana,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan