KPU Kota Sukabumi Simulasikan Pemungutan dan Penghitungan Suara, Ini Kata Peserta

JABAR EKSPRES – Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Sukabumi melakukan simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara untuk pemilihan umum (pemilu) 2024, pada Rabu (31/1).

Simulasi tersebut digelar di lapang Kibitay hutan kota, tepatnya di tempat penghitungan suara (TPS) Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lebur Situ Kota Sukabumi.Terlihat masyarakat cukup antusias dalam mengikuti kegiatan itu.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno mengatakan bahwa simulasi tersebut diikut oleh beberapa unsur, seperti perwakilan partai politik, PKK, PPS, KPPS ataupun masyarakat sudah terdaftar dalam TPS tersebut.

Ia melanjutkan, kegiatan simulasi tersebut bertujuan untuk memantapkan kesiapan para petugas untuk hari H nanti.

BACA JUGA: APK Liar Semakin Marak, KPU Kota Sukabumi Angkat Bicara

“Ini adalah rangkaian kegiatan mulai dari pelantikan bimtek dan dilanjutkan dengan simulasi dalam rangka memantapkan kesiapan seluruh jajaran kami khususnya KPPS dalam rangka nanti melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara,”ujarnya saat di lokasi Rabu (31/1).

Ia melanjutkan, dengan digelarnya proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut berharap memberikan gambaran secara detail tentang proses pemilihan dan pemungutan.

“Harapannya kami bisa memberikan atau menampilkan gambaran yang seidentik mungkin semirip mungkin dengan hari H pemungutan suara,” jelasnya.

Sementara itu Dedeh (52) salah seorang peserta simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut, mengatakan bahwa cukup mudah dalam proses tadi.

BACA JUGA: Antisipasi Hujan saat Pemilu Ala KPU Kota Sukabumi

“Tadi udah sih engga sulit, tadi simulasi surat suara dari Presiden hingga ke DPRD kota, kertasnya cukup besar tapi mudah,” jelasnya.

Diwawancarai ditempat yang sama, Rina (27) salah seorang peserta simulasi tersebut mengatakan cukup kesulitan saat membuat surat suara, walaupun saat melipat kembali relatif mudah.

“Ukuran kertasnya aga besar, banyak juga, buka kertasnya aga sulit karena besar, kalo ngelipet nya kembali mudah,” tutup Rina.

Dalam pantauan Jabar Ekspres di lokasi, proses pemungutan dan penghitungan suara tersebut dilakukan dari awal, mulai dari pendaftaran, pencoblosan, dan nantinya akan diadakan penghitungan suara. (Mg9)

BACA JUGA: Pj Wali Kota Sukabumi Ingatkan Netralitas ASN Hingga Monitoring Kesiapan KPU

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan