250 Daftar Pemilih Tetap Antusias Nyoblos Surat Suara Pemilu di TPS 12 Neglasari Kota Banjar

JABAR EKSPRES – Sebanyak 250 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 12 Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, nampak antusias menyalurkan hak pilihnya, Rabu 31 Januari 2024. Lima spesimen surat suara dicoblos oleh masing-masing pemegang hak pilih di bilik suara yang sudah disiapkan oleh panitia.

“Ini merupakan simulasi pencoblosan dan penghitungan spesimen surat suara pada Pemilu 2024. Spesimen surat suara yang di coblos tidak mencantumkan foto dan nama Capres Cawapres, DPD, maupun Calon Legislatif. Karena ini hanya simulasi saja,” kata Ketua Divisi Tekhnis Penyelenggaraan KPU Kota Banjar, Joko Nurhidayat di TPS 12 Desa Neglasari, Kota Banjar.

Menurut dia, dari pelaksanaan simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara ini, akan dievaluasi untuk kelancaran pemungutan surat suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Hasil simulasi ini akan kami evaluasi, dimana letak kekurangan dan lain sebagainya,” kata dia.

BACA JUGA: Diskominfo Banjar Tangani Sentralisasi Internet Rp1,6 Miliar

Pantauan Jabar Ekspres, pelaksanaan simulasi dimulai dari sejak persiapan, kedatangan warga, pencoblosan hingga penghitungan surat suara. Pemungutan suara diikuti pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 12 sebanyak 250 orang, termasuk di antaranya pemilih disabilitas.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Banjar Muhamad Mukhlis mengatakan, simulasi ini juga untuk mengoptimalkan pemahaman petugas KPPS terkait teknis pungut hitung di Tempat Pemungutan Suara.

Menurutnya bisa saja ada proses pemungutan yang mungkin belum diketahui petugas dan melalui simulasi akan kelihatan, jadi bisa diketahui cara menyelesaikannya dengan benar.

“Untuk itu kita mengidentifikasi pada proses yang mana pada saat pungut hitung yang masih belum di pahami oleh petugas,” papar Muhammad Mukhlis. (CEP)

BACA JUGA: Kota Banjar Nihil Laporan Pelanggaran Kampanye

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan