Kombinasi Makanan yang Harus Diwaspadai Bersama Telur: Tips untuk Maksimalkan Nutrisi

JABAR EKSPRES – Telur telah lama menjadi santapan favorit bagi banyak orang, menjadi pilihan yang serbaguna untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Kaya akan nutrisi, telur terkenal sebagai sumber protein terbaik yang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin D, fosfor, vitamin A, dan beberapa jenis vitamin B.

Meskipun telur mudah diolah dan dapat dimakan kapan saja, perlu diperhatikan bahwa tidak semua makanan dan minuman cocok dikonsumsi bersama telur. Beberapa kombinasi dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Simaklah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari setelah mengonsumsi telur:

1. Susu Kedelai

Susu kedelai, sebagai sumber protein nabati terbaik, sebaiknya dihindari dikonsumsi bersamaan dengan telur. Menurut Food NDTV, kombinasi keduanya dapat meningkatkan kadar protein dalam tubuh dengan cepat, yang justru dapat menghambat penyerapan protein.

2. Teh

Meskipun banyak orang mengonsumsi telur dengan secangkir teh hangat sebagai menu sarapan, kombinasi ini dapat menimbulkan masalah kesehatan. Selain dapat menyebabkan sembelit, kombinasi teh dan telur juga dapat mengurangi penyerapan protein hingga 17 persen, seperti yang ditemukan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition.

3. Gula

Kombinasi telur dengan gula juga sebaiknya dihindari. Saat dikonsumsi bersamaan, asam amino yang dihasilkan keduanya dapat menjadi racun, memicu pembentukan gumpalan darah, dan berdampak buruk pada kesehatan.

4. Pisang

Meskipun kedua makanan ini sering dianggap sebagai sarapan yang sehat, kombinasi telur dan pisang dapat terasa berat di perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Sebaiknya nikmati keduanya secara terpisah sebagai bagian dari pola makan sehat.

5. Daging

Kombinasi lemak dan protein yang tinggi dalam telur dan daging dapat membuat pencernaan sulit. Selain itu, mengonsumsi keduanya bersamaan juga dapat menyebabkan rasa lelah yang tidak diinginkan.

6. Produk Susu

Telur dan produk susu seperti keju sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan. Menurut India Times, kombinasi ini dapat memicu masalah pencernaan yang tidak diinginkan.

7. Jeruk

Telur dan jeruk sebaiknya dihindari bersamaan. Keasaman buah sitrus dapat membekukan telur saat dimasak bersamaan, yang dapat berdampak pada tekstur dan rasa hidangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan