Gibran Nongkrong di The Hallway Sapce Bandung, Janji Hilirisasi UMKM dan Libatkan Anak Muda dalam Pembangunan

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Calon Wakil Presiden (Cawapres) 02 Gibran Rakabuming Raka datang ke Kota Bandung, Selasa (30/01). Ia berjanji untuk hilirisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan melibatkan generasi muda untuk kemajuan perekonomian.

Putra Presiden Joko Widodo itu menyempatkan mampir ke The Hallway Sapce Kota Bandung. Ia ditemani Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jabar Ridwan Kamil, Dewan Pembina PSI Giring Ganesha, dan nampak juga komedian Marshel Widianto.

Gibran cukup terkesima dengan kreatifitas para anak muda yang membangun bisnis di kawasan Pasar Kosambi itu. Dalam kesempatan itu, ia juga menyempatkan diskusi sembari menampung aspirasi para entrepreneur muda.

Termasuk ikut makan seblak di area kreatif tersebut. “Ini pertama kali makan seblak bareng Pak Ridwan Kamil. Tadi banyak menampung masukan, aspirasi dri anak muda,” jelas pria yang juga memimpin Kota Solo itu.

BACA JUGA : Panwaslu Kecamatan Cimanggung Akui, Distribusi Logistik Jadi Hal Krusial Dalam Pengawasan Pemilu

Menurut Gibran, anak muda Bandung patut banyak bersyukur. Karena ekosistem entrepreneur sudah cukup terbangun dengan baik. “Saya banyak belajar dari Bandung. Apa yang dibangun di sini sangat baik dan tentu sangat cocok untuk dinasionalkan,” imbuhnya.

Bagi Gibran, potensi anak muda tidak hanya di Bandung tapi di Indonesia sangat luar biasa. Makanya sangat tepat untuk dilibatkan dalam pembangunan.

Menurutnya selain pengembangan ekonom kreatif, proses hilirisasi UMKM juga perlu disegerakan. Potensi UMKM Indonesia sangat besar. Jumlahnya lebih dari 60 juta. “Hilirisasi bukan cuman soal tambang. Kami ingin anak muda dilibatkan dalam pembangunan. Karena tantangan zaman butuh solusi kreatif anak muda,” tuturnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil menambahkan, ciri kota kreatif selain orangnya kreatif adalah kotanya nyaman. Salah satu pendukungnya adalah karena banyak sekolah atau universitas.

Berikutnya di kota itu banyak tempat yang enak untuk nongkrong. “Universitas banyak lalu tempat yang nyaman akan melahirkan inovasi. Mudah mudahan seluruh Kota di Indonesia terinspirasi dari Bandung,” ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung itu.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan