Teknik Psikologi: 2 Gaya Komunikasi yang Bisa Menghancurkan Hubungan Anda

JABAR EKSPRES – Teknik psikologi ini bisa Anda terapkan agar terhindar dari gaya komunikasi yang bisa menghancurkan hubungan Anda dengan pasangan.

Anda mungkin berpikir Anda sudah sangat jelas dengan kata-kata Anda, nada bicara, dan humor Anda, tetapi miskomunikasi akan selalu terjadi.

Ini terutama merupakan masalah besar jika menyangkut pasangan Anda dalam hubungan saat ini.

Jika Anda sering mengalami pertengkaran hebat, bisa jadi dari gaya komunikasi Anda dengan pasangan yang kurang cocok.

Kemungkinan Anda dan pasangan memiliki gaya komunikasi yang berbeda dan tingkat keterampilan mendengarkan yang berbeda.

Berikut ini 2 jenis gaya komunikasi yang bisa menghancurkan hubungan Anda dengan pasangan.

Gaya Komunikasi

  1. Komunikator Inferensial

Seorang komunikator inferensial suka menyimpulkan, menebak, berspekulasi, menyimpulkan, atau menilai, berdasarkan informasi yang Anda kumpulkan.

Sebagai pendengar inferensial, Anda membaca yang tersirat dari apa yang dikatakan seseorang.

BACA JUGA: Lirik Lagu Marjorie – Taylor Swift, Serta Makna Dibaliknya

Tantangan dapat muncul dengan cepat bagi pendengar yang inferensial, karena mereka sering mencari makna dalam komunikasi yang mungkin ada atau tidak.

Tinggal di kepala dan hatinya, pendengar inferensial akan menggunakan informasi yang sudah mereka miliki, yang mungkin berasal dari pengalaman masa lalu mereka dengan orang lain, ditambah kombinasi perasaan dan cerita yang mereka jalin dalam pikiran mereka, untuk menghasilkan kesimpulan atau kesimpulan tentang apa yang “sebenarnya” sedang terjadi.

Pada saat yang sama, pendengar inferensial dapat menjadi pengasuh yang baik karena Anda selalu menebak-nebak apa yang dibutuhkan pasangan Anda dan berusaha mengakomodasi atau membantu.

Anda dapat melihat bagaimana gaya ini dapat menghasilkan dinamika hubungan yang menarik.

Sebagai pembicara inferensial, Anda mengisyaratkan, atau memberikan petunjuk atau saran yang halus, berharap orang yang menerima komunikasi akan “memahaminya”, daripada menyatakan sesuatu secara sederhana dan jelas.

Apa pun yang terjadi, beberapa orang akan memahami Anda, memperkuat ikatan pemahaman, dan yang lain akan benar-benar bingung, membuat Anda benar-benar frustrasi dan merasa tidak didengarkan.

  1. Komunikator Literal

Seorang pendengar literal menerima kata-kata orang begitu saja. Jika mereka menginginkan sesuatu, Anda akan mendengarnya dari perkataan mereka karena mereka akan memintanya dengan jelas dan langsung. Jika tidak, mereka tidak akan melakukannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan