Siapa Aminah Cendrakasih, Sosok di Google Doodle Hari ini

JABAR EKSPRES – Google Doodle hari ini, Senin (29/1) tampak berbeda, ada sosok wanita berkerudung yang anggun muncul disebuah TV jadul. Dia adalah Aminah Cendrakasih yang cukup dikenal luas ditahun 1990-an.

Sosok Aminah Cendrakasih dalam Google doodle hari ini, banyak dikenal orang berkat perannya menjadi Mak Nyak, dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Baca juga : Bernostalgia di Sisa-Sisa Kejayaan Sinetron Legendaris ”Si Doel Anak Sekolahan”

Berperan menjadi sosok ibu dari Rano Karno dan Suti Karno dalam Si Doel Anak Sekolahan, Aminah Cendrakasih menunjukkan karakter yang penuh kasih sayang dengan cara bicaranya yang khas dan dandanannya yang sederhana, membuat Aminah Cendrakasih justru lebih dikenal dengan panggilan Mak Nyak dibanding namanya sendiri.

Sebelum dikenal sebagai Mak Nyak, Aminah Cendrakasih juga sudah membintangi sederet film nasional, bahkan ada beberapa filmnya yang meledak dipasaran.

Sehingga untuk generasi tahun 1980an, pasti sudah tidak asing dengan namanya. Ada beberapa film yang mendongkrak namanya, seperti ‘Rumah Masa Depan’, ‘Oh, Ibuku’, dan ‘Ibu dan Putri’. Total ada 101 film yang pernah dibintanginya dalam kurun waktu 1955-1989.

Karier Film Aminah Cendrakasih memang tidak selalu mulus, dia bahkan pernah menghilang dari dunia seni peran saat menikah pada tahun 1959. Vakum lebih dari 10 tahun akhirnya dia memutuskan kembali membintangi beberapa serial TV pada 1970an.

Baca juga : Koridor Bandoeng Tempo Doeloe di Kota Baru Parahyangan, Inspirasi Parijs van Java

Kemampuannya berakting dengan maksimal ternyata diturunkan dari darah seni orang tuanya yang juga seniman tanah air, ibunya adalah aktris terkenal di eranya yang dikenal dengan sebutan “Mak Wok”sementara ayahnya seorang pelawak bernama Husni Nugib.

Diakhir hidupnya, Aminah Cendrakasih sempat mengalami sakit hingga tidak bisa bangun dan tak bisa melihat, namun berkat dedikasinya di dunia seni peran, dia berhasil mendapatkan meraih ‘Lifetime Achievement Award’ dari Indonesia Movie Awards pada 2013 silam.

Aminah Cendrakasih yang lahir pada 29 Januari 1938 tutup usia pada 21 Desember 2022.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan