Semangat Wirausaha Milenial: Refleksi Talk Show ‘UMANILA’ di Ars University

JABAR EKSPRES – Semangat berwirausaha di kalangan milenial untuk memulai usaha menjadi semangat yang harus terus ditingkatkan dalam menghadapi ekonomi berkelanjutan di era industri 5.0.

Dalam acara “UMANILA, usaha milik kaum milenial” di Ars University, talk show yang diselenggarakan pada 27 Januari 2024, dengan tujuan mencetak lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan atau bahkan bekerja sebelum lulus kuliah.

Visi dan misi tersebut disampaikan secara online oleh Dekan FKD Ars University, Dr. Dasrun Hidayat, S.Sos., M.Si.

Event Compars ini juga dianggap relevan dengan pengembangan jiwa wirausaha milenial, kata ketua pelaksana Malik Abdul Rasyid.

Tak hanya itu, Ars University juga kehadiran tokoh filsafat. Yakni Dr. Fahruddin Faiz dari UIN, salah seorang dosen Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dengan tema  “Elevate The Fearless Soul Up,” Fahruddin Faiz menyatakan bahwa kesedihan seharusnya tidak dianggap sebagai kekalahan, melainkan sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Sehingga pengusaha disarankan untuk menghindari karakter negatif dan menerapkan nilai-nilai positif seperti teladan, pembimbing, adil, cinta, pengetahuan, dan ketrampilan.

Fahruddin Faiz yang menjadi guest star netizen milenial di Indonesia menekankan pentingnya memahami dinamika pola hidup dan bahwa hidup tidak selalu bisa dikontrol.

Talk show ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di Jawa Barat serta nara sumber ahli dan pelaku UMKM seperti Badan Arsip Nasional RI, Dr. Djoko Utomo, Manager Sentra Wilayah UMKM Bandung Raya, Auliya Agung Pratama, SE., dan lainnya.

Kelima narasumber membahas program terbaru BJB terkait enterpreneur muda, strategi pemasaran, inovasi produk, pengembangan bisnis, dan tantangan yang dihadapi pengusaha dalam dunia UMKM.

Dosen FKD yang turut hadir, antara lain Dr. Nila Nurlimah, Dra., M.Si., Dr. Amalia, M.Ikom., Maya Retnasari, M.Ikom, Femi Oktaviani, M.Ikom, Elliana Susan, M.Ikom.

Acara ini berhasil membuat salah satu peserta talk show, Bulan Rizkia, terinspirasi untuk memulai usaha fashion online, sementara Neng Heni merasa sangat bahagia dapat bertemu dengan guest star yang diidolakannya, Dr. Fahruddin Faiz.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan