LEMIGAS Siap Berkontribusi dalam Upaya Pencapaian Target Eksplorasi Migas 2024

JABAR EKSPRES – Lembaga Minyak dan Gas Bumi (LEMIGAS) Kementerian ESDM menyatakan siap berkontribusi dalam upaya pencapaian target eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi yang ditetapkan pemerintah pada 2024.

“LEMIGAS memiliki dua divisi andalan untuk menunjang kegiatan hulu migas, yaitu divisi eksplorasi dan divisi eksploitasi yang sudah berpengalaman puluhan tahun mendukung berbagai proyek hulu migas di tanah air,” kata Kepala LEMIGAS Kementerian ESDM Ariana Soemanto dalam keterangannya di Jakarta, Senin (29/1), dikutip dari Antara News.

Ariana menjelaskan, untuk divisi eksplorasi, LEMIGAS memberikan pelayanan jasa studi geologi, geofisika, reservoir migas, reprocessing seismic, analisis laboratorium, sewa alat hingga perbantuan tenaga ahli teknologi eksplorasi.

Menurutnya, untuk jasa studi, LEMIGAS sudah teruji mampu menghasilkan data yang komprehensif dan bisa dimanfaatkan oleh perusahaan.

“Terbaru, LEMIGAS ikut dalam joint study Wilayah Kerja Sangkar dan Peri Mahakam yang tahun lalu kontrak kerja samanya sudah ditandatangani oleh KKKS terkait,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kaesang Pangarep Hadiri Dua Kampanye Akbar PSI di Sulawesi Selatan Hari Ini

Ariana menambahkan, ada beberapa fasilitas laboratorium eksplorasi yang dimiliki LEMIGAS yakni sedimentologi, geokimia, biostratigrafi, dan geofisika.

Sementara, layanan penyewaan alat yang dimiliki LEMIGAS yaitu super computer, drone/UAV, onsite biostratigraphy, core storage, serta geolistrik.

Melansir dari Antara News, pemerintah melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) telah menetapkan program kerja eksplorasi dan eksploitasi yang masif pada 2024 agar target peningkatan produksi migas dapat terus dijaga.

Berdasarkan data SKK Migas, kegiatan eksplorasi pada 2024 akan meningkat dari realisasi kegiatan studi tahun lalu. Tahun ini total ada 182 studi G&G, sedangkan tahun lalu sebanyak 113 kegiatan.

Dalam kesepakatan yang tertuang dalam rencana kerja dan anggaran (work program & budget/WP&B) pada 2024, SKK Migas dan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) telah menyepakati target investasi eksplorasi sebesar 1,8 miliar dolar AS atau meningkat 200 persen dibandingkan realisasi investasi eksplorasi pada 2023 yang sebesar 0,9 miliar dolar AS. (Mg/Ratih Pujawati)

BACA JUGA: Antisipasi Kebakaran, KPU Kabupaten Kotim Siagakan Unit Pemadam Kebakaran di Sekitar Gudang Logistik Pemilu

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan