Kang Emil Penuhi Panggilan Bawaslu Jabar, Beri Contoh Taat Hukum

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Gibran Jabar, Ridwan Kamil akhirnya memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jabar, Senin (29/1). Ia memberi contoh sebagai warga negara yang taat hukum.

Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu tiba di kantor Bawaslu Jabar sekitar pukul 15.00. Ia datang mengenakan hoodie khas warna biru muda dan langsung menuju lantai 3. Kang Emil datang untuk memenuhi panggilan terkait dugaan pelanggaran kampanye di Tasikmalaya. Hampir 3 jam, mantan Gubernur Jawa Barat itu baru keluar dari kantor Bawaslu di Jalan Turangga, Kota Bandung itu.

Kang Emil mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi kerja Bawaslu sebagai pihak yang memang berperan mengawasi jalanya pemilihan umum (pemilu) 2024. “Sesuai fungsinya, Bawaslu memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik,” cetusnya.

BACA JUGA: 72 Laporan Pelanggaran Kampanye Terungkap, Administrasi Calon Legislatif Perlu Diperketat!

Kang Emil melanjutkan, pemanggilan itu juga sebagai langkah positif karena mengklarifikasi peristiwa tidak hanya dari sepihak. Makanya iapun senang memenuhi panggilan Bawaslu untuk mengklarifikasi. “Saya beri contoh, warga negara taat hukum,” sambungnya.

Menurut Kang Emil, proses klarifikasi itu juga tidak terlalu banyak. Hanya prosesnya saja yang cukup lama. “Yang lama tuh ngeprinnya,” candanya.

Kang Emil juga menegaskan bahwa peristiwa yang terjadi di Tasikmalaya itu tidak ada substansi pelanggaran. Menurutnya banyak presepsi atau tafsir yang beredar karena bukti video yang beredar juga sepotong – potong. Makanya ia hadir dengan lapang untuk menjelaskan apa yang terjadi saat itu. “Saya kan undangan. Kalau kami penyelenggara lalu mengundang elemen -elemen yang dilarang itu baru masalah,” tuturnya.

Pemanggilan itu buntut sejumlah laporan yang masuk ke Bawaslu Jabar terkait dugaan pelanggaran terkait kegiatan perangkat BPD di Tasikmalaya itu. Salah satunya laporan Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia pada Senin (22/1) lalu. (son)

BACA JUGA: Cerita Dibalik Berlabuhnya Wawalkot Bogor Dedie Rachim ke PAN, Siap Warnai Pilkada 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan